Pilih Olahraga yang Tepat untuk Atasi Sakit Pinggang, Apa Saja?

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Fisioterapis dari Pusat Otak Nasional Mahar Marjona (RSPON) Devi Suci Mahayati mengatakan, jika Anda mengalami sakit punggung, Anda perlu memilih olahraga yang tepat untuk meredakannya. Devi menjelaskan, tubuh selalu mencari imbalan agar merasa nyaman.

Misalnya, jika Anda merasakan nyeri pada punggung kiri bawah saat duduk, maka tubuh cenderung mengarah ke kanan agar merasa nyaman, ujarnya. Namun, hal ini justru memperburuk dan membahayakan postur tubuh Anda.

“Postur tubuh yang buruk membuat otot tidak seimbang,” ujarnya baru-baru ini.

Ia menjelaskan, postur tubuh yang tidak seimbang menjadi penyebab nyeri punggung semakin parah. Menurutnya, postur tubuh yang paling baik adalah tegak, dengan dada membusung, perut rata, dan pinggang tidak terlalu maju mundur.

Devi mengatakan banyak orang yang beranggapan jika punggung terasa sakit saat berjalan, sebaiknya berbaring saja. Menurutnya, hal tersebut salah. Sebab saat ia berbaring, ototnya tidak berfungsi dan ia menjadi lemas.

Selain itu, terdapat kesalahpahaman bahwa olahraga justru memperburuk kondisi. Padahal, hal ini salah, dan yang benar adalah memilih latihan yang tepat, dimodifikasi agar punggung tidak sakit.

Saat itu mereka mengatakan orang dengan sakit punggung tidak boleh mengangkat beban. Menurutnya, boleh saja jika punggung lurus dan tidak melengkung saat mengangkat.

Jalan cepat minimal 30 menit sehari dapat membantu Anda merasa sehat dan membantu mengatasi sakit punggung, katanya. Jika Anda rajin berjalan, jantung dan pernapasan Anda menjadi lebih baik dan sirkulasi darah Anda menjadi lebih baik.

Menjaga sirkulasi darah yang baik dapat meningkatkan aliran darah ke tulang dan otot punggung serta mengurangi peradangan.

Ia menambahkan, berolahraga di air juga baik bagi penderita sakit punggung, terutama lansia. Kepadatan air membuat pergerakan menjadi sulit, namun daya apung air membuat pergerakan menjadi lebih nyaman.

Istilahnya olah raga yang dilakukan di dalam air, ketinggian air minimal setinggi pinggang, melatih lengan, melatih kaki, melatih punggung, melatih seluruh tubuh, ”ujarnya. .

Ia mengatakan satu dari 13 orang di seluruh dunia mengalami sakit punggung, paling sering terjadi pada orang berusia 45 hingga 65 tahun. Ketika sakit punggung semakin parah, hubungan keluarga menjadi berantakan, produktivitas menurun, dan dalam beberapa kasus orang bahkan mengabaikan aktivitas waktu luang karena sakit punggung.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours