Gelar festival, PIS-KLHK ajak masyarakat lestarikan Sungai Ciliwung

Estimated read time 3 min read

Jakarta dlbrw.com – PT Pertamina International Shipping (PIS) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengajak masyarakat menjaga Sungai Ciliwung dalam acara Sub Ciliwung Holding Integrated Marine Festival Logistics (SH IML).

Vice President Health, Safety, Security and Environment (HSSE) PIS Ade Gunawan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan acara edukasi air arung bertema “Siliung Bebas Sampah dan Sampah” dan digelar di Kapal Sahabat Siliung. Dermaga, Depok, Jawa Barat, bertujuan untuk membangun partisipasi masyarakat dalam perlindungan dan kelestarian Sungai Siliung.

Menurutnya, SH IML Ciliwung Festival yang bekerja sama dengan lembaga nirlaba Sahabat Ciliwung Foundation diharapkan menjadi peluang besar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang upaya pelestarian lingkungan dan pentingnya menjaga Ciliwung. Sungainya jernih. .

“Kemitraan dengan KLHK dan Yayasan Sahabat Ciliwung ini merupakan bukti nyata komitmen dan tanggung jawab penghijauan PIS dalam melayani masyarakat sekitar. Melalui SH IML Ciliwung Festival, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran dan kepemilikan masyarakat terhadap Ciliwung. Sungai yang menjadi sejarah daerah dan Jabodetabek merupakan bagian penting dari kebudayaan,” kata Ade.

Dalam program tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama PIS, SH IML PT Pertamina (Persero), dan selaku Ketua Komunitas Daerah Terdesentralisasi menyelenggarakan aksi kebersihan di sepanjang Sungai Siliung yang melibatkan lima kabupaten di sekitar Siliung. yang biru Zona Gerbang.

Kompetisi yang dilaksanakan pada tanggal 16 – 27 September 2024 ini bertujuan untuk mendorong kerja sama dengan masyarakat dalam membersihkan dan melestarikan Sungai Ciliwung khususnya di wilayahnya masing-masing.

Selama masa kompetisi, setiap komunitas diberikan kebebasan untuk berkarya dengan cara yang unik dan kreatif, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan memberikan dampak positif terhadap kebersihan dan kelestarian komunitas.

Sampah yang terkumpul dari kegiatan tersebut akan dikumpulkan di tempat pembuangan sementara sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Setelah itu, PIS dan Yayasan Sahabat Siliung akan menilai peserta lomba bersih-bersih dengan menilai tiga faktor utama, seperti jumlah peserta acara, luas area yang dibersihkan, dan jumlah sampah anorganik yang berhasil dibuang. peristiwa

Pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan akan dilakukan pada acara penutupan Festival SH IML Siliung pada 28 September 2024. Sungai Siliung. Humas Antara/HO-PIS/am.

Festival Ciliwung SH IML juga bertepatan dengan keikutsertaan Pertamina Group dalam Festival Ciliwung 2024 yang diresmikan pada Agustus 2024 oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Presiden dan CEO PT Pertamina (Persero) Nik Vidyawati.

Kali ini, Pertamina Group turut berpartisipasi melalui proyek pembangunan Rahayu Siliung (Pintu Biru Siliung) yang bersih, baik dan berkelanjutan, yang bertujuan untuk merehabilitasi Sungai Siliung secara berkelanjutan.

Pertamina Group menanam 200 pohon dan menyumbangkan tujuh perahu karet untuk digunakan masyarakat setempat.

Ade Siliung mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kerjasama SH IML Festival ini, dimana sungai selain pentingnya unsur kehidupan dan aliran air yang nantinya akan bermuara ke laut juga menjadi bagian yang penting. PIS ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam mendukung kegiatan usaha dan NZE 2060.

“Melalui kemitraan ini, PIS mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai nihil emisi pada tahun 2060 dengan menjaga Sungai Siliung sehingga dampak positif terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi Sungai Siliung dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi generasi mendatang,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours