Rektor UMJ Ingatkan Pentingnya Dakwah Inklusif kepada Kader Muhammadiyah

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof Dr Ma’mun Murod, MSi mengingatkan peserta Angkatan I Sekolah Nasional Pemberdayaan Masyarakat (Sekam) 2024 untuk bekerja termasuk ‘wow. Hal itu dilakukan agar gerakan Muhammadiyah semakin meluas dan tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

“Pelaksanaan ajakan tersebut antara lain apa yang disampaikan Ketua Pimpinan Pusat PP (PP) Prof. Dr. Sekami Kombëtar di Pusdiklat UMJ, Senin (15/7/2024), dalam surat kabarnya.

Pentingnya kemuhammadiyahan dan berdakwah telah ditegaskan dalam acara salat Ramadhan yang diselenggarakan oleh PP Muhammadiyah 1445 Hijriah di Jakarta dan Yogyakarta. Pesan khusus PP Muhammadiyah dalam pengajian kali ini adalah adanya kecenderungan eksklusivisme dalam dakwah Muhammadiyah, oleh karena itu harus dihindari dan kita harus menghadirkan dakwah inklusif, kata Ma’mun.

Ditambahkannya, kini Dewan Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah (MPM) selaku koordinator Sekam Kombëtar telah menerapkan ajakan inklusif karena memberdayakan semua orang tanpa diskriminasi. Selanjutnya yang harus dilakukan MPM dalam berkumpul dan berkantor di daerah, daerah, cabang dan cabang harus sama derajatnya, yaitu mengutamakan sisi Muhammadiyah, kata Ma’mun.

Sekam Nasional yang dicanangkan MPM PP Muhammadiyah bekerja sama dengan pimpinan daerah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta. Program ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan organisasi dan kepemimpinan yang efektif, serta untuk memperkuat kapasitas komunitas atau pendampingan.

Peserta Sekam Nasional Kelas I Tahun 2024 berjumlah 60 orang yang berasal dari 19 daerah se-Indonesia. Selama ini peserta diberikan materi klasikal dan praktik di Pusdiklat UMJ, serta studi lapangan di Pamulang pada 12-15 Juli 2024.

Sebelumnya, pengukuhan Sekam Nasional dilakukan oleh Wakil Rektor IV UMJ Dr Septa Candra, SH, MH di Auditorium FEB UMJ, Jumat (12/7/2024). Turut hadir Ketua PP Muhammadiyah Dr Agung Danarto, MAg, Ketua MPM PP Muhammadiyah Dr M Nurul Yamin, MSi, Ketua PWM DKI Jakarta Dr Akhmad H Abubakar, MM, dan Ketua PP Muhammadiyah periode 19002- Profesor Dr Muhammad Amien Rais, MA.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours