Pemkot Jaktim ingatkan masyarakat gunakan hak pilih demi pembangunan

Estimated read time 3 min read

JAKARTA dlbrw.com – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengingatkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon terbaik bagi perkembangan kepemimpinan Provinsi DKI Jakarta ke depan.

“Kami berharap masyarakat dapat berpartisipasi dan menentukan nasib pembangunan wilayah DKI Jakarta,” kata Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Timur Kusmanto saat acara “Bicara Tentang Kota Kita” digelar Selasa Dilaksanakan di Kantor Wali Kota Jakarta Timur bertajuk “Menuju Sukses Pilkada 2024”. Baca juga: KPU Jakarta Timur Mulai Lipat Suara Pilkada Jakarta Terkait isu masyarakat yang meminta golput atau tidak menggunakan hak pilihnya, ia menilai hal tersebut merupakan tindakan yang salah.

Ia juga meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Timur bersikap netral selama Pilkada Jakarta 2024. Baca juga: Pemkot Jakpus Minta Pemilih Pemula Saksikan Debat Pilkada Jakarta Sikap ASN di Pilkada diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021. Jika ASN tidak netral maka akan dikenakan sanksi dan sanksinya akan lebih berat. Diantaranya adalah pemecatan.

“Saya minta pegawai ASN jangan ikut-ikutan politik sebenarnya, tetap netral di masyarakat. Jangan mengajak ASN ikut salah satu pasangan calon. Kalau ada pilihan, gunakan hak pilihnya di bilik suara,” dia menekankan.

Cusmanto juga berharap Pilkada Jakarta pada 27 November dapat terselenggara dengan aman, damai, dan lancar.

“Kami berharap kampanye penyadaran ini menyadarkan masyarakat akan pentingnya menyelenggarakan pemilu secara damai untuk menghasilkan pemimpin yang diinginkan rakyat,” ujarnya. Baca juga: Polisi lakukan patroli kemanusiaan untuk sampaikan pesan Pilkada Damai Komisioner KPU Jakarta Timur Carlos Paath mengatakan partainya siap menggelar Pilkada Jakarta 2024.

Dia mengatakan semua persyaratan untuk pilkada, termasuk logistik, sudah tersedia.

Proses pelipatan surat suara sudah selesai dan akan berlangsung selama 10 hari. Pendistribusian kotak suara dan TPS di 10 distrik sudah dimulai. Sisa 35 hari kita akan persiapan penyelenggaraan pilkada, ujarnya.

Ia berharap masyarakat menyambut Pilkada DKI Jakarta dengan gembira. Masyarakat bisa melihat catatan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta untuk menentukan orang terbaik memimpin Jakarta.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Timur Amelia Rahman memastikan kedua calon yang berkampanye tidak akan melakukan pelanggaran pemilu.

“Kami yakin saat ini adalah saat yang paling kritis dan saat yang paling dibutuhkan pengawasan karena seringkali tim calon sejawat banyak melakukan pelanggaran,” ujarnya.

Ia juga meminta tim bakal calon memberikan surat pemberitahuan kepada Bawaslu jika ingin mencalonkan diri.

“Jika tidak, Bawaslu bisa membubarkan kampanye yang dilakukan kedua kandidat demi menjaga kemeriahan adegan. Bagi masyarakat, jangan takut untuk melaporkan ke Bawaslu jika melihat kejanggalan,” ujarnya Amili Ya.

KPU DKI Jakarta menempatkan Ridwan Kamil-Suswono sebagai peringkat pertama, Dharma Pongrekun-Kun Wardana kedua, dan Pramono Anung-Rano Karno ketiga pada kompetisi Pilkada DKI Jakarta yang digelar 27 November 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours