Ngemil Gak Nyesel? Ini Camilan Sehat Menurut Ahli Gizi

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Jajanan kerap dianggap sebagai musuh utama kesehatan. Namun jika kita mengonsumsinya dengan benar, ngemil memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Menurut ahli gizi lulusan Universitas Vanya Indonesia ini, camilan memberikan manfaat jika digunakan dengan benar. Misalnya saja mengonsumsi makanan utuh atau makanan yang sudah lama tidak diolah. Ada beragam makanan sehat yang bisa membantu menunjang pola makan sehat, seperti buah segar, salad, kacang-kacangan, dan yogurt tawar. “Buah, khususnya apel, merupakan pengganti camilan yang sangat baik karena kandungan nutrisi dan flavonoidnya. Mengonsumsi makanan kaya flavonoid dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, mulai dari diabetes hingga kanker,” kata Vania saat peluncuran produk barunya. Musim. Di Rocket Apples di Jakarta, Selasa (20/8/2024)

Selama ini, menurut Vanya, kebiasaan mengonsumsi jajanan sama dengan makanan siap saji, makanan yang sudah melalui banyak proses, seperti produk yang sudah melalui proses penggorengan. Ada lima hal yang membuat seseorang mengonsumsi makanan tidak sehat: mudah didapat atau di mana-mana, rasanya enak, murah, membuat ketagihan, dan dianggap kotor.

Makanan olahan seringkali tinggi gula, garam, dan lemak. “Kita ada batasan berapa banyak kita boleh mengonsumsi makanan yang mengandung garam, gula, dan lemak setiap hari. Makanlah makanan ini dalam jumlah sedikit, tidak kenyang, tapi mengandung garam, gula, dan lemak, kata Vania.

Sedangkan ngemil sendiri sudah menjadi kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, karena banyak orang yang merasa perlu makan sesuatu yang penting, karena rasa lapar muncul beberapa jam setelah makan, sehingga mengurangi energi yang bisa diatasi dengan makan jajanan atau rasa lapar. Anda ingin menikmati makanan. Namun banyak orang yang menghindari ngemil karena dianggap tidak sehat, padahal menurut literatur, ngemil bisa menjadi kebiasaan yang sehat asalkan Anda memilih camilan yang tepat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours