Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia dan Fakta-faktanya, Nomor 1 Berharta Rp3.740 T

Estimated read time 12 min read

JAKARTA – Elon Musk naik satu peringkat dalam daftar terbaru 10 orang terkaya di dunia per Juni 2024, namun hal tersebut belum cukup bagi pendiri sekaligus pemilik Tesla untuk kembali menduduki peringkat pertama. Peringkat pertama sebagai orang terkaya di dunia masih dipegang oleh Bernard Arnault.

Sementara itu, pendiri Microsoft Bill Gates turun ke peringkat terendah dalam beberapa tahun terakhir. Raja barang mewah, di belakang merek-merek seperti Bernard Arnault, Louis Vuitton, Christian Dior dan puluhan merek lain dari grup LVMH miliknya, saat ini memegang peringkat orang terkaya di dunia per Februari.

Di bawah Arnault, orang terkaya kedua adalah Elon Musk yang bertukar tempat dengan Jeff Bezos pada akhir April lalu. Saham Tesla mengalami hari terbaiknya sejak tahun 2021 pada 29 April, sehari setelah kunjungan mendadak Musk ke Tiongkok. Selama ini, saham Tesla telah meningkat sebesar 15%, meningkatkan kekayaan Musk menjadi 14,5 miliar USD.

Musk tidak hanya melampaui Bezos, tetapi dia juga mempersempit kesenjangan antara dia dan Arnault dari LVMH. Dengan kekayaan bersih $209,4 miliar, Arnault hampir unggul 10 miliar USD dari Musk di tempat kedua.

Sebulan sebelumnya, keunggulan Arnault atas Bezos telah mencapai 30 miliar USD, bahkan lebih besar dari Musk. Salah satu alasannya adalah penurunan saham LVMH dalam sebulan terakhir, yang menguranginya sebesar $17 miliar.

Sedangkan Bill Gates yang menyandang label sebagai orang terkaya di dunia selama hampir tiga dekade mulai tahun 1995, memiliki kekayaan yang hampir sama dengan sebelumnya, senilai sekitar 128 miliar USD. Namun saat ini, Gates kini menduduki peringkat kesembilan terkaya di dunia, naik dari peringkat ketujuh pada bulan Mei lalu. Saat ini, Gates secara bertahap menduduki peringkat ketujuh dalam daftar orang terkaya di dunia per Juni.

Gates belum pernah menduduki peringkat orang terkaya di dunia sejak awal tahun 1990an. Bukan karena investasi Microsoft dan Gates yang lain tidak berjalan dengan baik, hanya saja investasi tersebut tidak diikuti oleh tindakan seperti Meta yang dilakukan Mark Zuckerberg. atau Alfabet Larry Page. Untuk pertama kalinya pada bulan Mei, pendiri Google Page dan Sergey Brin kini lebih kaya dari Gates.

Beberapa fakta lainnya adalah enam dari 10 orang terkaya di dunia memiliki kekayaan lebih sedikit dibandingkan sebulan lalu. Kekayaan gabungan mereka mengalami penurunan sebesar USD 1,54 triliun atau USD 50 miliar dibandingkan April 2024.

Fakta 10 orang terkaya di dunia saat ini : – Bernard Arnault

Ia menjadi orang terkaya di dunia pada awal tahun 2023, meski kekayaannya menurun sebesar 17 miliar USD pada April 2024.

-Elon Musk

Ia saat ini berada di urutan kedua dalam daftar orang terkaya di dunia. Ia menjadi orang terkaya di dunia pada awal tahun 2024, namun Musk kehilangan labelnya dan turun ke peringkat ketiga setelah saham Tesla anjlok dan rebound pada April lalu.

– 9 dari 10

Daftar miliarder terkaya dunia saat ini didominasi oleh orang Amerika antara lain Jeff Bezos, Larry Ellison, dan Bill Gates.

– Bill Gates

Pemilik Microsoft ini turun ke posisi kesembilan dalam daftar orang terkaya di dunia, peringkat terburuknya sejak tahun 1990-an.

– Dominasi laki-laki

Di antara 10 orang terkaya di dunia, mereka semua adalah laki-laki per 1 Mei 2024 dan semuanya memiliki kekayaan bersih lebih dari 100 miliar USD.

Daftar 10 orang terkaya di dunia per Juni 2024 menurut Forbes.1. Bernard Arnault

Kekayaan bersih: USD 233 miliar (Rs 3,740 triliun dengan kurs Rp 16,053 per USD)

Sumber Kekayaan: LVMH/Brochi di Lusso

Usia: 75 tahun

Tempat Tinggal: Paris

Kebangsaan: Perancis

Bernard Arnault, CEO dan ketua grup barang mewah LVMH, kembali menduduki posisi teratas sebagai orang terkaya di dunia pada 31 Januari 2024, melampaui Elon Musk. Selanjutnya, Arnault mempertahankan peringkat tersebut sepanjang Februari dan Maret.

Arnault membangun perusahaan barang mewah terbesar di dunia dengan hampir 70 merek fesyen dan kosmetik, termasuk Louis Vuitton, Christian Dior, Mo√ęt & Chandon, Sephora, dan Tiffany & Co Jewellers.

Ayah Arnault menghasilkan jutaan dolar dari bisnis konstruksi; Untuk memulai bisnisnya sendiri, Arnault menggunakan $15 juta dari kekayaannya untuk membeli Christian Dior.

Kelima anak Arnault bekerja di berbagai bagian kerajaan bisnis LVMH. Awal tahun ini, Arnault menominasikan kedua putranya, Alexandre (usia 31) dan Frederic (usia 29), untuk bergabung dengan dewan LVMH. Putrinya Delphine, 48, sekarang menjalankan Dior, dan putranya Antoine, 46, sudah diadili. Sedangkan putra bungsunya, Jean, adalah direktur jam tangan di Louis Vuitton.

Arnault sempat menjadi orang terkaya di dunia sepanjang paruh pertama tahun 2023, lalu turun ke peringkat 2 pada Juni 2023, namun kembali menduduki peringkat 1 pada tahun 2024. Pada 1 Mei 2024, kekayaan Arnault mengalami penurunan sebesar 17 miliar USD. Kurang dari sebulan lalu, harga saham LVMH turun tipis, menurut perkiraan Forbes. Hingga awal Juni, Bernard Arnault masih menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih USD 233 miliar per 11 Juni 2024.

2.Elon Musk

Kekayaan bersih: USD 195 miliar

Sumber: Tesla, SpaceX, X (Twitter)

Usia: 52 tahun

Tempat Tinggal: Austin, Texas

Kebangsaan: AS

Musk adalah CEO perusahaan mobil listrik Tesla, perusahaan roket SpaceX, dan perusahaan media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Dia memiliki 13% saham Tesla dan menjaminkan sebagian sahamnya sebagai pinjaman.

Dia membeli X, yang saat itu dikenal sebagai Twitter, pada Oktober 2022 seharga $44 miliar dan mengendalikan sekitar 74% perusahaan media sosial tersebut, yang kini bernilai kurang dari setengah dari apa yang dia bayarkan.

Berasal dari Afrika Selatan, Musk pindah ke Kanada sebelum ulang tahunnya yang ke-18. Setelah mencoba berbagai pekerjaan, ia mendaftar di Queen’s University di Ontario dan kemudian dipindahkan ke University of Pennsylvania, di mana ia memperoleh gelar sarjana ekonomi.

Pada tahun 2000, ia menggabungkan X.com, bank online yang ia dirikan, dengan unit bisnis serupa yang didirikan oleh Peter Thiel untuk membentuk PayPal, yang dibeli oleh eBay pada tahun 2002 seharga USD 1,4 miliar.

Musk mendirikan SpaceX pada tahun 2002 di El Segundo, dekat Los Angeles. Pada tahun 2004 ia bergabung dengan Tesla sebagai investor dan presiden setahun setelah pendiriannya; Belakangan, ia diberi gelar salah satu pendiri.

Ia menjadi CEO Tesla pada tahun 2008, setelah Musk mengumumkannya pada tahun 2010. Kapitalisasi pasarnya meningkat selama tahun 2020 dan 2021.

Pada September 2021, Musk menjadi orang terkaya di dunia. Pada November 2021, kekayaannya turun menjadi 320 miliar dolar. Musk juga menyandang predikat orang terkaya di dunia hingga Desember 2022, ketika anjloknya harga saham Tesla menurunkan nilai kekayaannya.

Musk kembali menjadi orang terkaya di dunia pada 8 Juni 2023 dan menduduki posisi nomor satu hingga sisa tahun 2023. Ia turun ke peringkat satu. 2 Paket pembayaran Musk yang hampir senilai $51 miliar dibatalkan pada 31 Januari 2024 menyusul keputusan hakim Delaware pada 30 Januari.

Saham Tesla turun 13% selama bulan Maret, turun ke peringkat ke-3 dalam Peringkat Miliarder Real Time Forbes. Saham Tesla bangkit kembali setelah pulih.

3.Jeff Bezos

Kekayaan bersih: 194 miliar USD

Sumber: Amazon

Usia: 60 tahun

Tempat Tinggal: Miami, Florida

Kebangsaan: AS

Jeff Bezos mendirikan raksasa e-commerce Amazon pada tahun 1994 dan menjalankannya sebagai CEO hingga Juli 2021 (dia tetap menjadi ketua); Pada bulan yang sama dia pergi ke luar angkasa dengan roket yang dibuat oleh perusahaan roket swasta Blue Origin, yang dia dirikan dan dibiayai dengan miliaran dolar. Akibat peningkatan saham Amazon, kekayaannya meningkat sekitar 3 miliar USD pada Maret 2024.

Sebelum mendirikan Amazon.com di garasinya di Seattle, ia mendirikan hedge fund D.E. Dia bekerja di New York di Shaw Sementara itu, Amazon dimulai sebagai toko buku online ketika hanya sedikit orang yang membeli barang secara online. Perusahaan ini juga mendominasi penyimpanan cloud, kemudian beralih ke produksi film dan serial untuk Amazon Prime Video.

Pada Juli 2017, Bezos melampaui Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Dia dan Gates telah bertukar tempat terkaya nomor satu dan nomor dua. Bezos adalah orang terkaya di dunia dalam daftar Miliarder Dunia Forbes dari 2018 hingga 2021; Dalam daftar miliarder tahun 2022, ia terdorong ke peringkat dua.

Pada bulan Maret, dia dan Musk berada di posisi No. 1. 2 dan No. 3, keduanya telah berganti posisi setidaknya belasan kali karena fluktuasi harga Amazon dan Tesla. Bezos memulai bulan April sebagai orang terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan sekitar $198,4 miliar.

Pada tahun 2019, Bezos dan istrinya Mackenzie bercerai; Sebagai bagian dari penyelesaian tersebut, dia menerima 4% saham Amazon dan menyimpan 12%. Sejak saat itu, dia telah menjual dan menyumbangkan lebih banyak sahamnya dan sekarang hanya memiliki kurang dari 10% saham perusahaan tersebut.

Sejak Amazon go public pada tahun 1997, Forbes memperkirakan Bezos telah menjual saham senilai lebih dari USD 27 miliar. Melalui kampanye Bezos, ia telah berinvestasi di berbagai perusahaan, termasuk Airbnb dan perusahaan perangkat lunak Workday.

4.Mark Zuckerberg

Kekayaan bersih: USD 177 miliar

Sumber: Meta (Facebook)

Usia: 39 tahun

Tempat Tinggal: Palo Alto, Kalifornia

Kebangsaan: AS

Zuckerberg mendirikan Facebook, sekarang disebut Meta Platforms, pada tahun 2004 ketika ia masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard. Kemudian Facebook terus berkembang hingga menjadi jejaring sosial terbesar di dunia, dengan lebih dari 3 miliar pengguna bulanan.

Perusahaan juga memiliki Instagram dan WhatsApp, keduanya telah diakuisisi dan diperluas. Zuckerberg, CEO Meta, mengumumkannya pada tahun 2012 dan masih memiliki sekitar 13% sahamnya.

Dia dan istrinya Priscilla Chan telah berjanji untuk menyerahkan 99% saham mereka di perusahaan tersebut untuk “tindakan yang meningkatkan potensi manusia”. Salah satu tujuan ambisius yang mereka danai adalah pengembangan alat yang membantu masyarakat mengobati, mengelola, atau mencegah semua penyakit di akhir abad ini.

Zuckerberg dan Chan berbicara kepada Forbes tahun lalu tentang upaya filantropis mereka. Dan Zuckerberg berbicara kepada Forbes pada September 2023 tentang dua pertaruhan terbesar Meta untuk perusahaan berusia 20 tahun itu.

Zuckerberg masuk 10 orang terkaya dunia pada musim panas 2023 untuk pertama kalinya sejak Januari 2022 setelah kenaikan saham Meta. Selama bulan April, kekayaannya turun sebesar $19 miliar, namun ia tetap mempertahankan posisi keempat dalam daftar tersebut.5. Larry Ellison

Kekayaan bersih: USD 141 miliar

Sumber: Oracle

Usia: 79 tahun

Tempat Tinggal: Woodside, California

Kebangsaan: AS

Ellison mendirikan perusahaan perangkat lunak Oracle pada tahun 1977 dan menjalankannya sebagai CEO hingga tahun 2014; Namun, saat ini dia menjabat sebagai presiden dan chief technology officer perusahaan. Oracle telah melakukan beberapa akuisisi besar selama bertahun-tahun, termasuk pembelian Sun Microsystems senilai $7,4 miliar pada tahun 2010.

Pada tahun 2012, Ellison membeli 98% pulau Lanai di Hawaii seharga USD 300 juta. Dia juga memiliki rumah di California dan Nevada. Ellison berinvestasi di Tesla dan menjabat sebagai dewan direksi perusahaan mobil listrik tersebut dari 2018 hingga Agustus 2022.

Selama Februari 2024, Ellison disusul oleh Mark Zuckerberg dan turun dari peringkat keempat menjadi peringkat 5 dalam daftar orang terkaya. Kekayaan bersihnya turun $13 miliar pada bulan April.

6. Warren Buffett

Kekayaan bersih: 133 miliar USD

Sumber: Berkshire Hathaway

Usia: 93 tahun

Tempat Tinggal: Omaha, Nebraska

Kebangsaan: AS

Warren Buffett, yang dikenal sebagai “Oracle of Omaha”, adalah salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Dia mengepalai konglomerat investasi Berkshire Hathaway, yang memiliki lusinan perusahaan, termasuk perusahaan asuransi Geco, pembuat baterai Duracell, dan jaringan restoran Dairy Queen.

Putra seorang anggota kongres AS ini pertama kali membeli saham pada usia 11 tahun dan mengajukan pajak pertamanya pada usia 13 tahun. Buffett mendirikan Giving Pledge bersama Bill Gates dan Melinda French Gates pada tahun 2010, meminta para miliarder berkomitmen memberikan setidaknya setengah kekayaan mereka untuk amal.

Buffett mengatakan dia akan menyumbangkan 99% kekayaannya. Sejauh ini ia telah menyumbangkan setidaknya 51,5 miliar USD saham Berkshire Hathaway kepada Gates Foundation dan yayasan yang dikelola oleh anak-anaknya, salah satunya dimulai oleh istri pertamanya.

Semua ini menjadikannya miliarder paling dermawan di Amerika Serikat dan di dunia. Selama bulan April 2024, kekayaan bersih Warren Buffett turun sekitar 8 miliar USD karena penurunan saham Berkshire Hathaway.

7.Bill Gates

Kekayaan bersih: 128 miliar USD

Sumber: Microsoft, Investasikan

Usia: 68 tahun

Tempat Tinggal: Madinah, Washington

Kebangsaan: AS

Saat remaja, Gates sangat tertarik dengan pemrograman komputer. Dia keluar dari Harvard pada tahun 1975 untuk ikut mendirikan perusahaan perangkat lunak Microsoft bersama teman SMA-nya Paul Allen, yang kemudian menciptakan salah satu program perangkat lunak pertama yang tersedia untuk industri komputer pribadi yang masih baru.

Dia adalah CEO perusahaan selama 25 tahun dan menjadi ketua hingga tahun 2014. Dia akhirnya meninggalkan dewan direksi pada tahun 2020, tetapi mengatakan kepada Forbes pada tahun 2023 bahwa dia masih menghabiskan sekitar 10% waktunya untuk berkonsultasi dengan tim Microsoft.

Saat ini ia memiliki investasi di lusinan perusahaan, termasuk Dere & Company, sebuah perusahaan pembuangan limbah, Republic Services and Agricultural Equipment Company, dan merupakan salah satu pemilik lahan pertanian terbesar di Amerika Serikat.

Forbes pertama kali mendaftarkan Gates sebagai miliarder pada tahun 1987; Ia merupakan orang terkaya di dunia pada tahun 1995 hingga 2017 (kecuali tahun 2008 dan 2010 hingga 2013). Gara-gara sumbangannya sebesar $59 miliar ke Gates Foundation, ia disusul oleh Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2018, termasuk pemberian $20 miliar pada Juli 2022.

Dia dan Melinda French Gates bercerai pada tahun 2021. Dia kemudian menerima sekitar $10 miliar saham dan aset lainnya sebagai bagian dari penyelesaian perceraian.

Kekayaan Gates turun sekitar $4 miliar pada bulan April dan turun menjadi $9,5 miliar pada bulan Mei. Ini adalah peringkat terendah dalam beberapa dekade seiring dengan kenaikan peringkat lainnya.

8.Steve Balmer

Kekayaan bersih: USD 117,1 miliar

Sumber: Microsoft, Clippers, Investasi

Usia: 68 tahun

Tempat Tinggal: Hunts Point, Washington

Kebangsaan: AS

Balmer merupakan teman sekelas Bill Gates di Universitas Harvard, ia bergabung dengan Microsoft sebagai karyawan nomor 30 pada tahun 1980 setelah keluar dari program MBA di Universitas Stanford. Dia bekerja sebagai CEO Microsoft dari tahun 2000 hingga 2014.

Ketika Balmar pensiun dari Microsoft, dia membeli Los Angeles Clippers seharga $2 miliar – rekor tertinggi untuk tim NBA pada saat itu. Forbes kini menilai tim tersebut sebesar USD 4,65 miliar.

Nasib Balmar sedang lesu dalam sebulan terakhir di tengah jatuhnya harga saham Microsoft. Balmar dan istrinya adalah salah satu dari 25 miliarder paling liberal di Amerika Serikat.

9.Mukesh Ambani

Kekayaan bersih: 116 miliar USD

Sumber: Reliance Industries

Usia: 67 tahun

Tempat Tinggal: Mumbai, India

Kebangsaan: Indiana

Mukesh Ambani memimpin dan mengelola Reliance Industries dengan omzet USD 110 miliar, yang bergerak di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, ritel, dan jasa keuangan.

Reliance didirikan oleh mendiang ayahnya Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang, sebagai produsen tekstil kecil pada tahun 1966. Setelah kematian ayahnya pada tahun 2002, Ambani dan adik laki-lakinya Anil berbagi kerajaan bisnis keluarga.

Reliance Jio memiliki lebih dari 470 juta pelanggan layanan telekomunikasi dan broadband. Pada Agustus 2023, Reliance mendaftarkan anak perusahaan keuangannya, Geo Financial Services.

Ambani kemudian memimpin Reliance to Green Energy. Perusahaan akan menginvestasikan USD 80 miliar pada energi terbarukan selama 10-15 tahun ke depan dan membangun kompleks baru di samping kilangnya.

Perlu dicatat bahwa ketiga anak Ambani telah bergabung dengan Dewan Ketergantungan pada tahun 2023. Putranya membawa Akash Jio; Putri Isha memantau penjualan dan jasa keuangan; Dan putra bungsu menjalankan bisnis dengan energi tak terbatas.

10. Halaman Larry

Kekayaan bersih: USD 135,4 miliar

Sumber: Google

Usia: 51 tahun

Tempat Tinggal: Palo Alto, Kalifornia

Kebangsaan: AS

Page mendirikan mesin pencari Google bersama rekan PhD-nya di Stanford, Sergey Brin pada tahun 1998 dan menjabat sebagai CEO dari tahun 2001 dan 2011 hingga 2015. Dia sekarang menjabat sebagai anggota dewan Google Parent Alphabet dan merupakan pemegang saham pengendali.

Selain itu, Page Asteroid Mining Company juga merupakan investor pendiri Planetary Resources, yang diakuisisi oleh perusahaan blockchain Consensys pada tahun 2018. Pada Mei 2023, ia menjadi salah satu dari 10 orang terkaya di dunia setelah harga saham Alphabet naik sebesar 15%. .

Saham Alphabet naik lebih dari $9 miliar pada bulan April setelah naik sekitar $11 miliar pada Maret 2024.

Siapa orang terkaya di dunia?

Hingga 1 Juni 2024, orang terkaya di dunia masih dipegang oleh CEO Grup Barang Mewah Prancis LVMH, Bernard Arnolt, yang kekayaannya sekitar 209 miliar USD. Bernard Arnolt mengambil posisi teratas pada akhir Januari 2024, meninggalkan Alon Musk.

Siapa wanita terkaya di dunia? Pada tanggal 1 Mei 2024, mereka memiliki kekayaan sekitar 95,4 miliar USD dan merupakan orang terkaya ke-15 di dunia. Kekayaannya terletak pada kemitraannya di L’Oreal, sebuah perusahaan kosmetik besar, yang ia warisi dari ibu surgawinya. Kakeknya dikenal sebagai pendiri Lorial.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours