Dokter: Rajin Olahraga Tekan Risiko Fatal Saat Serangan Jantung Pertama

Estimated read time 2 min read

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dokter spesialis kardiovaskular dan fisiologi olahraga Vito Dame di Silom Hospital Lippo Village mengatakan olahraga berat di usia muda dapat menurunkan risiko kematian saat seseorang mengalami serangan jantung pertama kali. Klaim ini ia sebarkan untuk menghilangkan kesalahpahaman masyarakat bahwa atlet meninggal karena serangan jantung saat berolahraga.

“Orang yang tidak berolahraga sama sekali lebih banyak terserang stroke dibandingkan mereka yang rutin berolahraga,” kata Vito dalam kuliah online Departemen Kesehatan bertajuk “Olahraga FOMO, Oke. Asal Anda Mewaspadai Penyakit Jantung Anda!” di Jakarta pada Jumat (7/6/2024).

Orang yang berolahraga berat ketika masih muda, tambahnya, memiliki lebih banyak serat pembuluh darah di jantungnya, yang nantinya dapat menjalankan fungsi peredaran darah ketika arteri besar tersumbat oleh penebalan dinding.

Aktivitas olahraga di masa muda menyebabkan jantung terbiasa memompa darah lebih cepat. Ketika tekanan darah tinggi dialami karena gaya hidup atau kondisi lama, jantung menjadi lebih waspada sehingga menyebabkan organ-organ dalam tubuh menjadi kurang fleksibel dan mulai kaku.

“Sehingga jantung bisa menghemat energi. Pahami manfaat olahraga. “Jadi olahraga membuat jantung lebih tahan terhadap serangan karena memiliki banyak serat pembuluh darah kecil yang membantu mengantarkan oksigen ke area yang tersumbat,” ujarnya.

Oleh karena itu, masyarakat yang belum berusia lanjut diimbau untuk menjaga pola hidup, berolahraga setiap hari, mulai dengan jalan kaki, lari, dan aktivitas aktif lainnya untuk rutin memeriksakan kesehatan jantung.

“Penyakit jantung kronis yang kita kenal dengan sebutan serangan jantung merupakan penyakit yang dapat dicegah. Oleh karena itu, sungguh ironis bahwa penyakit yang dapat dicegah dan dideteksi sejak dini seringkali menyebabkan seseorang pingsan. “Kuncinya adalah pelatihan, pencegahan dan screening kesehatan,” tegasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours