Dua gol Joselu antarkan Real Madrid ke final Liga Champions 2023/24

Estimated read time 4 min read

Jakarta (ANTARA) – Dua gol Joselu mengantarkan Real Madrid melaju ke final Liga Champions 2023/24 usai menang 2-1 atas Bayern Munich pada laga semifinal di Stadion Santiago Bernabéu, Kamis malam besok WIB. Los Blancos lolos ke final dengan skor agregat 4-3 setelah bermain imbang 2-2 pada leg pertama pekan lalu.

Joselu dinyatakan juara kemenangan Real Madrid berkat dua golnya di penghujung pertandingan, sedangkan Bayern unggul lebih dulu berkat gol Alphonso Davies, seperti dilansir laman UEFA.

Kedua tim tak kehabisan waktu dan saling menyerang sejak awal.

Real Madrid nyaris mencetak gol pada menit ke-13 ketika tendangan penalti Vinicius Júnior membentur tiang gawang.

Bola rebound tembakan Vinicius langsung dimanfaatkan Rodrygo, namun kali ini kiper Manuel Neuer mampu melakukan penyelamatan apik dan mencegah gawangnya kebobolan.

Pada menit ke-26, pemain sayap Bayern itu ditarik keluar lapangan karena cedera. Thomas Tuchel menggantikan Alphonso Davies.

Bayern kembali mengancam pada menit ke-30. Tendangan voli keras Harry Kane dari luar kotak penalti berhasil diselamatkan Andriy Lunin dan berakhir dengan sepak pojok.

Real Madrid kembali mendapat peluang pada menit ke-40. Vinicius melepaskan tembakan mendatar dari sayap kiri, namun tangan Manuel Neuer mampu menjangkau dan menerima tendangan sudut.

Bayern menang sebelum babak pertama berakhir. Namun, kasir baru ditutup setengah jam kemudian. Skor 0-0 dengan kedua tim bermain imbang 2-2.

Bayern membuka babak kedua dengan peluang pada menit ke-47, serangan Davies dari sisi kiri diakhiri dengan tembakan setelah diserang pemain Madrid.

Tim tuan rumah kembali menyerang pada menit ke-52 melalui tembakan solo Vinicius dari sayap kiri. Ia memasuki area penalti dan melepaskan tembakan yang diblok bek Bayern.

Semenit kemudian, Harry Kane mengambil bola dan melepaskan tembakan ke sisi kanan kotak penalti. Sayangnya, Lunin mampu menceploskan bola.

Rodrygo hampir membawa Madrid unggul pada menit ke-55 jika tendangannya tidak melebar setelah umpan silang Vinicius masuk ke gawang Neuer.

Pada menit ke-59, Neuer melakukan penyelamatan gemilang dengan menghentikan tendangan bebas yang dilakukan Rodrygo.

Kiper Jerman itu melakukannya dengan baik setelah melakukan penyelamatan. Kali ini ia memblok tembakan Vinicius dari luar kotak penalti sebelum membentur tiang dan meninggalkan lapangan pada menit ke-60.

Bayern akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-67. Dari serangan balik, Harry Kane mengirimkan umpan silang ke Davies dari kiri.

Pemain asal Kanada itu memberikan umpan silang ke tengah, menaklukkan Antonio Rudiger sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang tak mampu dihentikan kiper Andriy Lunin. Skornya 1-0 (agregat 3-2).

Madrid menyamakan kedudukan pada menit ke-71. Dari sepak pojok yang dilakukan Luka Modric, Nacho memasukkan bola ke dalam gawang. Namun wasit menganulir gol tersebut setelah melihat VAR.

Dalam pengumuman VAR, terlihat Nacho berhasil menempel di leher Joshua Kimmich. Skor kembali menjadi 1-0 untuk Bayern.

Harry Kane berpeluang mencetak gol pada menit ke-76, serangan cepat diakhiri dengan penalti yang diambil Inggris. Usahanya gagal membuahkan gol karena masih berada di tepi kotak penalti.

Bayern kembali mengancam gawang Madrid, kali ini sundulan Kim Min-Jae membentur tiang gawang pada menit ke-84.

Real menyamakan kedudukan empat menit kemudian. Tendangan Vinicius dari luar kotak penalti dapat dihentikan oleh Neuer, namun bola terlepas dari tangannya sebelum dimanfaatkan pemain pengganti Joselu untuk mencetak gol. Madrid 1-1 Bayern (agregat 3-3).

Real mengubah keadaan di masa tambahan waktu atau menit 90+3. Joselu mencetak gol keduanya setelah menerima umpan dari Rudiger.

Hakim garis mempertimbangkan gol tersebut sebelum manajer puncak mencatatnya dengan bantuan VAR.

Sembilan menit waktu tambahan tidak memberi kesempatan bagi Bayern Munich untuk menyamakan kedudukan. Real Madrid berhak melaju ke final Liga Champions 2023/24.

Real Madrid akan menghadapi Borussia Dortmund di laga papan atas yang akan dimainkan di Stadion Wembley pada 2 Juni 2024.

Baca juga: Madrid Gunakan Kerja Sama Tim Ketimbang Latihan Individu Saat Hadapi Bayern Baca Juga: Thomas Tuchel Minta Harry Kane Pimpin Bayern Kalahkan Lineup Real Madrid:

Real Madrid (4-4-2): Andriy Lunin; Dani Carvajal, Antonio Ruediger, Nacho, Ferland Mendy; Federico Valverde (Joselu 81′), Aurelien Tchouameni (Eduardo Camavinga 70′), Toni Kroos (Luka Modric 69′); Jude Bellingham (Eder Militao 90+10′); Rodrygo (Brahim Díaz 81′), Vinicius Júnior.

Bayern Munich (4-2-3-1): Manuel Neuer; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Eric Dier, Joshua Kimmich; Alexander Pavlovic, Konrad Laimer; Serge Gnabry (Alphonso Davies 26′), Jamal Musiala (Thomas Muller 84′), Leroy Sané; Harry Kane (Choupo Moting 85′).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours