Hamas Terima Resolusi Gencatan Senjata PBB, Tunggu AS Tekan Israel

Estimated read time 1 min read

Jalor Gaza – Hamas telah menerima keputusan Dewan Keamanan PBB mengenai gencatan senjata dan siap merundingkan rinciannya, kata pejabat senior Hamas Sami Abu Zahari kepada Reuters, Selasa (11/6/2024).

Dia juga mengatakan bahwa adalah tugas Washington untuk memastikan bahwa Israel mematuhi keputusan tersebut.

Abu Zahari menegaskan, Hamas menerima keputusan Dewan Keamanan PBB terkait gencatan senjata, penarikan pasukan Israel, dan pertukaran tahanan dengan tahanan yang ditahan Israel.

“Pemerintah AS menghadapi ujian nyata dalam memenuhi komitmennya untuk memaksa pendudukan segera mengakhiri perang dengan menerapkan resolusi Dewan Keamanan PBB,” kata Abu Zahari.

Hal ini terjadi setelah 14 dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB memberikan suara mendukung resolusi yang diajukan Amerika untuk abstain dari Rusia.

Keputusan tersebut menyatakan bahwa Israel telah menerima usulan gencatan senjata. Tel Aviv telah gagal mematuhi semua resolusi PBB sebelumnya mengenai gencatan senjata.

Hingga bulan Maret, Tel Aviv tidak mematuhi keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) untuk menghentikan tindakan genosida di Gaza dan “segera menghentikan” aktivitasnya di kota paling selatan Jalur Gaza, Rafah.

Lebih dari 36.700 warga Palestina tewas akibat serangan militer Israel dan lebih dari 83.000 lainnya terluka, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Genosida Israel juga menghancurkan sekitar 80% bangunan di Gaza dan memaksa dua juta dari 2,3 juta penduduk Jalur Gaza mengungsi, menurut PBB.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours