Komunitas Alumni Jepang di Indonesia Akan Gelar Event Sakura Matsuri di Bekasi

Estimated read time 2 min read

BEKASI – Perkumpulan Alumni Jepang di Indonesia atau KAJI menggelar acara Sakura Matsuri pada 27-28 Juli 2024 di Hollywood Junction, Jababeka Residence, Kabupaten Bekasi. Tema acaranya adalah semangat persatuan Indonesia-Jepang.

Presiden KAJI Fuad A Kodir mengatakan festival ini akan menampilkan budaya Jepang dan Indonesia. Jadi, masyarakat yang datang secara gratis bisa mengenal budaya masing-masing negara.

Hal itu disampaikan Fuad usai perayaan HUT KAJI ke-14 di SMK Ananda Mitra Industri Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Sabtu (8/6/2024).

Sebenarnya acaranya sama saja, memperkenalkan dua budaya antara Indonesia dan Jepang. Masyarakat Indonesia belajar budaya Jepang di festival tersebut, begitu pula masyarakat Jepang, kata Fuad.

Selain acara tari, acara tersebut juga akan menampilkan pameran pasar, kompetisi cosplay dan cosplay, serta kontes Miss Sakura.

Pada kesempatan yang sama, di hari jadinya yang ke-14, Fuad berharap timnya terus berkontribusi dalam menjaga hubungan baik Indonesia dan Jepang.

“Harapan kita tujuan kita mempererat hubungan dengan Indonesia, kedepannya banyak teman, kadang tidak suka kalau tidak tahu. Bisnis atau apalah, yang penting kita dapat teman sebanyak-banyaknya,” ucapnya.

FYI, KAJI awalnya merupakan kelompok alumni universitas Jepang. Seiring berjalannya waktu, tim ini melebarkan sayapnya tidak hanya di kalangan lulusan universitas Jepang. Komunitas ini kini menjadi wadah bagi mereka yang ingin belajar tentang budaya Jepang.

Dalam perayaan HUT ke-14 ini, KAJI juga menghadirkan keynote speaker dari perusahaan-perusahaan Jepang yang telah mendirikan industrinya di Indonesia.

Alasan Fouad mengundang petinggi perusahaan adalah agar bisa memberikan motivasi atau ilmu kepada anggota KJI. Direktur PT Global Brain Nusantara Indonesia Sho Ikeda diikuti oleh Managing Director PT Suzuki Indomobil Motor Shodiq Vicaksono dan Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka Yoshihiro Bando.

“Kita ada diskusi internal di KAJI ya, kita pilih diskusi-diskusi inspiratif yang bisa kita lakukan. Saya kira itu konsep beyond information sharing,” tutup Fouad.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours