Manik Perindo: Kota yang Maju Diukur dari Integrasi Transportasi Umum yang Dapat Diakses Warganya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – DPP Partai Politik dan Ideologi Perindo, Presiden Manik Marganamahindra menilai pertumbuhan kota besar tidak diukur dari jumlah mobil mewah yang beredar di jalan. Kota yang maju dapat dilihat dari sejauh mana integrasi antara moda transportasi umum yang mudah diakses dan dapat diakses oleh seluruh warganya.

Pak Biksu mengatakan pada Jumat (5/7/2024) di acara Reborn Politics yang diselenggarakan oleh Partai Parindo bahwa “karena kota yang hebat bukan didasarkan pada jumlah mobil, tetapi bagaimana angkutan umum dapat diakses oleh seluruh masyarakat.”

Selain itu, Manik berharap pertarungan politik di Jakarta tahun ini membutuhkan sosok yang mampu memperbaiki sistem transportasi umum. Bukan tanpa alasan, kepadatan penduduk yang terus meningkat harus diakomodasi dengan bantuan sistem transportasi untuk membantu pergerakan masyarakat perkotaan.

“Yang diperlukan untuk kebijakan publik di DKI Jakarta, terpilihnya masing-masing calon tentunya dibuktikan dengan survei kepuasan, lalu bagaimana anak-anak muda ini memenuhi kebutuhannya, termasuk migrasi,”

Dalam kesempatan yang sama, CEO ThinkPolicy sekaligus Ketua Sekretaris BJEC, Indhita F. Utami menambahkan, permasalahan yang terjadi di kota modern adalah urbanisasi. Kepadatan penduduk di kota tidak dapat dihindari karena menjadi tempat bagi orang luar kota, terutama dari Jakarta, untuk mengadu nasib.

Permasalahan urbanisasi inilah yang menjadi akar permasalahan lain seperti polusi udara, kemacetan lalu lintas, banjir air dan lain-lain. Jakarta membutuhkan pemimpin baru di masa depan yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, salah satunya dengan memprioritaskan penggunaan transportasi umum.

“Jadi permasalahan abad 20 dan abad 21 berbeda, sekarang kita sedang menghadapi bencana iklim dan perkotaan, bagaimana kita mengelola infrastruktur yang benar, mulai dari sektor transportasi hingga pembukaan ruang hijau,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours