SIG dukung pelestarian lingkungan melalui Hutan Kota SBI Cilacap

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – PT Semen Indonesia Tbk (Persero) (SIG) melalui anak usahanya PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) memanfaatkan lebih dari separuh lahan pabriknya di Cilacap untuk dijadikan hutan kota guna menjaga lingkungan dalam upaya konservasi.

Keberadaan Hutan Kota Pabrik SBI Cilacap membuktikan komitmen SIG Group dalam menerapkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, kata Sekretaris Perusahaan SIG Vita Mahreini dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Katanya, hutan kota itu terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dengan luas 64 hektar (ha) atau 54,2 persen dari total luas pabrik SIB sebesar 118 hektar.

200.000 jenis tanaman tumbuh di zona hijau ini, antara lain trembesi, mahoni, bayur, laban, sengon buto, kelengkeng, jambu kristal yang artinya jambu biji, dan durian.

Selain itu, terdapat pohon meranti kalimantan dan sulawesi yang ditanam di lahan lindung khusus seluas 10 hektar.

Pembibitan rusa timor (Cervus timorensis) juga telah dibangun di hutan kota bekerja sama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah. Saat ini terdapat 40 rusa Timor di cagar alam.

Berkat kondisi lingkungan yang stabil, hutan kota menjadi tempat menarik beragam fauna lainnya, seperti ayam hutan, burung, dan beberapa spesies mamalia.

“Selain sebagai habitat keanekaragaman hayati di sekitar kawasan tempat pabrik beroperasi, hutan kota ini juga berperan sebagai kawasan resapan air, penyerapan karbon, produksi oksigen dan menambah estetika kota,” kata Vita.

Menurutnya, konservasi keanekaragaman hayati merupakan salah satu bidang utama perusahaan yang diatur dalam Peta Jalan Keberlanjutan SIG 2030 karena penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam dan menjamin kelangsungan hidup umat manusia.

Pabrik SBI Cilacap akan menanam pohon-pohon endemik dan menyediakan rumah semai di seluruh wilayah pascatambang batu kapur di Pulau Nusakambangan, selain untuk menjaga hutan kota.

Pabrik SBI Cilacap juga menanam 9.500 pohon bakau Rhizophora mucronata di kawasan pesisir Nusakambangan pada tahun 2023, serta pella (Dipterocarpus littoralis) flora endemik Nusakambangan.

“SIG dan seluruh badan usahanya berkomitmen untuk terus menjaga keanekaragaman hayati sebagai warisan bagi generasi mendatang dan terus berupaya menciptakan kehidupan yang lebih baik saat ini dan di masa depan,” tambah Vita.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours