Survei Delapan Provinsi, Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Ridwan Kamil Paling Tinggi

Estimated read time 2 min read

BANDUNG – Katadata Insight Center (KIC) merilis hasil survei persepsi masyarakat terhadap kinerja pemimpin daerah di delapan wilayah besar Indonesia. Survei yang dilakukan pada 3-10 Mei 2024 itu meliputi Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. Berdasarkan hasil survei, Gubernur Ridwan Kamil mendapat penilaian kepuasan tertinggi yakni 88,3% sebagai Gubernur Jawa Barat.

Manajer survei KIC Satria Triputra Visnumurthy mengatakan, tujuan survei adalah untuk mengukur persepsi masyarakat terhadap kinerja para gubernur dan mantan gubernur di delapan daerah tersebut. “Masyarakat Jabar meyakini nama yang paling cocok menjadi Gubernur Jabar adalah Liduan Kamil,” ujarnya. Sebanyak 39,5% responden masih menempatkan Ridwan Kamil sebagai pilihan utama mereka.

Tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Ridwan Kamil tak hanya menempatkannya di peringkat teratas daftar gubernur di delapan daerah tersebut, tapi juga menunjukkan keinginan masyarakat Jawa Barat terhadap pria yang akrab disapa Khan Emil itu kembali memimpin mereka. . . “Tingkat kepuasan mantan atau presiden saat ini yang dianggap paling cocok menjadi gubernur kembali di atas 80%,” tambah Satria.

Di sisi lain, hasil survei menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Gubernur DKI Jakarta sebesar 56,7%, jauh lebih rendah dibandingkan kepuasan terhadap Gubernur Jawa Barat. Namun Basuki Chahaja Purnama (BTP) alias Ahok, yang pernah memimpin Jakarta, dianggap sebagai orang yang paling cocok menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan memperoleh 33,3% dukungan dalam jajak pendapat tersebut. Anies Baswedan dan Ridwan Kamil juga dianggap memenuhi syarat, masing-masing mendapat dukungan 25,4% dan 20%.

Temuan tersebut menarik karena menunjukkan Ridwan Kamil tidak hanya populer di Jawa Barat tapi juga layak memimpin Jakarta. Beberapa partai politik menyatakan dukungannya kepada orang-orang tertentu. Misalnya, Partai Gerindra dan Partai Eksekutif Nasional (PAN) disebut-sebut akan mengusung Ridwan Kamil sebagai calonnya untuk maju di Pilkada Jakarta.

Studi ini juga menyoroti bahwa kinerja seorang gubernur mempunyai dampak signifikan terhadap persepsi masyarakat dan pilihan politik di masa depan. Bagi Ridwan Kamil, tingginya kepuasan masyarakat di Jawa Barat dan dukungan besar dari Jakarta memberikan sinyal kuat bahwa karier politiknya masih sangat menjanjikan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours