Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Tepat Supaya Bertahan Lama

Estimated read time 2 min read

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dokter hewan lulusan Universitas Siya Kuala, Beni Andista, menjelaskan sederet tips menyimpan daging kurban dengan benar agar daging bisa bertahan lebih lama jika disimpan di lemari es atau freezer.

“Dagingnya dibersihkan dengan baik dan dagingnya jangan dicuci dengan air,” kata Benny di Jakarta, Jumat (7/6/2024) malam.

Tidak disarankan mencuci daging dengan air sebelum disimpan karena dapat menimbulkan bakteri baru. Jadi cukup bersihkan dagingnya tanpa air, lalu pisahkan daging yang sudah matang dan simpan di lemari es.

Setelah itu masukkan daging ke dalam wadah bersih yang dapat ditutup dengan baik. Hal ini untuk mencegah kelembapan berlebih pada daging dan kontaminasi bakteri berbahaya.

Setelah diangkut dalam wadah tertutup, masukkan daging ke dalam lemari es (lemari es terpisah) selama kurang lebih 2-4 jam. Setelah itu, pindahkan daging ke dalam lemari es (kulkas) agar bentuk daging tidak terganggu.

Selain itu, dokter yang saat ini bekerja di Klinik Hewan Andista Andista Care ini mengatakan, ada perbedaan umur simpan daging jika disimpan di lemari es atau freezer. Umumnya daging sapi matang yang disimpan di lemari es bisa bertahan 3-5 hari.

“Di dalam freezer, daging sapi mentah bisa bertahan 4-6 bulan,” kata Benny.

Untuk daging kambing mentah, biasanya dagingnya tahan 3-5 hari jika disimpan di lemari es. Sedangkan daging kambing mentah yang disimpan di lemari es bisa bertahan 6-9 bulan.

Selain cara menyimpan daging kurban yang benar, Benny juga memberikan saran cara mengolah daging yang benar. Saat memasak daging, misalnya untuk kurban, pastikan daging sudah matang sempurna.

“Setelah matang, bawa daging ke suhu yang tepat. “Ingatlah untuk menggunakan air bersih dan peralatan bersih,” pungkas Benny.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours