UMJ Bantu Transformasi Pendidikan Berbasis Eduwisata Sekolah di Thailand Lewat RIsetmu

Estimated read time 2 min read

REPUBLIKA.CO.ID, SONGKHLA – Sekolah Islam Vittaya Sangkum di Provinsi Songkhla mengalami transformasi pendidikan melalui program ResearchMu VII-Pengabdian kepada Masyarakat Internasional yang didanai oleh Universiti Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di bawah payung PP Muhammadiyah Diktilitbang. Program ini bertujuan untuk menciptakan metode pendidikan inovatif berbasis pendidikan pariwisata (eduwisata) untuk memecahkan tantangan pendidikan saat ini.

KKN Internasional UMJ telah berjalan sejak tahun 2023 dan akan berlanjut hingga tahun 2024. Tahap pengembangannya akan dilakukan pada Januari hingga Maret 2024. Pendekatan ini, menggabungkan analisis kurikulum, bukti pembelajaran dan evaluasi wisata pendidikan, menciptakan metode pendidikan yang inovatif. Sekolah Islam di daerah Sadao.

Triangulasi data dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan interpretatif meliputi wawancara, observasi dan focus group Discussion (FGD). Data dari pengelola sekolah, siswa dan kajian pariwisata lokal digunakan untuk mengembangkan peta wisata edukasi yang terintegrasi dengan sistem pembelajaran di sana.

Penunjukan lokasi potensial diklasifikasikan menjadi dua periode. Pertama, Taman Kota Hat Yai, Pasar Terapung Khlong Hai, Pasar Kim Yong dan kedua, Pantai Samila, Kota Tua Songkhla, dan Museum Cerita Rakyat. Kegiatan ini dievaluasi oleh mitra dan menghasilkan tingkat kepuasan terhadap keberhasilan desain pembelajaran berbasis wisata edukasi.

Program ini diharapkan dapat menginspirasi sekolah lain untuk menemukan metode pengajaran yang lebih menarik. Tim dan mitra sepakat untuk menekankan pentingnya kerja sama internasional dalam memecahkan tantangan pendidikan lokal, khususnya di Songkhla, Thailand.

Guru Besar Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta. Tri Uni Hendrawati mengatakan, Program Penelitian Universitas Muhammadiyah dalam bentuk beasiswa kompetitif telah membawa warna dalam pemberdayaan masyarakat Muhammadiyah dan Isiah. Koordinasi kerja sama yang harmonis di tingkat internasional.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours