Paket sanski baru Uni Eropa atas Rusia akan disahkan pada 24 Juni

Estimated read time 2 min read

Moskow (Antara) – Paket sanksi baru Uni Eropa yang ke-14 terhadap Rusia akan disetujui secara resmi pada 24 Juni dalam pertemuan Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa, kata sumber Uni Eropa kepada RIA Novosti, Kamis.

Sebelumnya, kepresidenan Belgia di Dewan Uni Eropa mengumumkan bahwa paket sanksi ke-14 terhadap Rusia telah disetujui oleh duta besar negara-negara UE.

Sumber tersebut mengatakan dewan akan menyetujui paket sanksi tersebut dan mulai menerapkannya pada hari yang sama ketika paket tersebut dipublikasikan di jurnal resmi UE.

“Paket ini memberikan langkah-langkah baru yang ditargetkan dan memaksimalkan dampak dari menutup kesenjangan sanksi yang ada,” kata Belgia, yang menjabat sebagai presiden Dewan UE, melalui media sosial.

Pembatasan baru ini akan menargetkan kapal tanker yang membawa minyak Rusia, dan lebih dari 40 individu dan organisasi akan masuk daftar hitam oleh UE, menurut laporan media.

Menteri Luar Negeri Belanda Hanke Bruins Slott mengatakan sanksi tersebut ditujukan untuk memblokir akses “armada bayangan” Rusia ke pelabuhan dan layanan Eropa.

Financial Times melaporkan bahwa paket baru ini, antara lain, akan melarang kapal tanker Rusia menggunakan pelabuhan UE untuk menurunkan kargo ke negara ketiga, dari kapal tanker besar hingga kecil, namun tidak akan melarang impor dari UE.

Setelah dimulainya operasi militer di Ukraina pada tahun 2022, negara-negara Barat meningkatkan tekanan sanksi terhadap Rusia. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan strategi jangka panjang Barat untuk mengendalikan Rusia justru merugikan perekonomian dunia.

Sumber: Sputnik

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours