Dokter sebut penyebab gagal ginjal salah satunya kerap minum manis

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (Antara) – Berdasarkan banyak kasus yang diulas, dokter spesialis ginjal Elizabeth Yasmin Wardoyo mengatakan sebagian besar pasien gagal ginjal mengonsumsi minuman manis saat dalam keadaan sehat.

Terlalu banyak minum minuman manis mungkin menjadi salah satu penyebab gagal ginjal di usia muda, kata Dr. Elizabeth Yasmin Vardoyo, sp. PD, subsp. G.Kh(K). Ia juga merupakan dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hipertensi ginjal di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Jakarta, Rabu.

Minuman yang patut diwaspadai antara lain minuman kemasan, minuman berenergi, dan kopi yang kini banyak dikonsumsi generasi muda sehari-hari.

“Pada kenyataannya, kopi tidak berpengaruh terhadap kejadian gagal ginjal. Namun kebanyakan kopi menggunakan gula pasir, susu kental manis, dan banyak gula. “Lagipula, orang hanya minum kopi satu kali sehari saja tidak cukup,” jelas Elizabeth saat berdiskusi secara online.

Elizabeth mengingatkan orang-orang yang masih meminum minuman campuran atau mix. Minuman ini jelas tidak sehat dan sangat mengganggu kesehatan serta fungsi ginjal.

Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya lebih memilih menggunakan air mineral. Lizaveta mengingatkan generasi muda untuk memperhatikan konsumsi air mineral sehari-hari.

“Masyarakat sehat, seluruh organ tubuh harus mengonsumsi air mineral 30 ml per kilogram,” jelas Lizaveta. Jadi, jika seseorang memiliki berat badan 50 kg, sebaiknya mengonsumsi 1,5 liter per hari.

“Kalau berat badannya lebih, berarti butuh lebih. Apalagi kalau pekerjaannya tidak di dalam ruangan dan aktif secara fisik,” kata Elizabeth.

Jika ingin meminum minuman manis, Elizabeth mengingatkan untuk mengecek tabel fakta nutrisi pada kemasannya terlebih dahulu. Dengan demikian, kadar gula bisa lebih terkontrol.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours