Southgate percaya diri kembali antar Inggris ke final Euro

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate yakin bisa membawa negaranya meraih final Euro atau Piala Eropa untuk kedua kalinya berturut-turut setelah edisi 2020 dimainkan di Wembley.

Inggris akan melakoni laga semifinal melawan Belanda di Signal Iduna Park, Dortmund pada Rabu atau Kamis (11/7) pukul 02.00 WIB waktu setempat dan selangkah lebih dekat untuk mencapai final turnamen besar di luar negeri untuk pertama kalinya. Menunggu 58 tahun untuk memenangkan turnamen besar.

Di Euro 2024, Inggris menuai banyak kritik atas penampilan mereka, hanya memenangkan satu dari lima pertandingan mereka dalam 90 menit.

Namun menurut Southgate, catatan tersebut karena ekspektasi yang tinggi dari timnya dan kini ia yakin para pemain tidak memikirkannya.

“Salah satu kekuatan kami selama delapan tahun terakhir adalah berkurangnya rasa takut, berkurangnya perlawanan, namun pada awalnya ekspektasinya terlalu tinggi,” kata Southgate kepada AFP, Rabu.

Ini berbeda untuk seorang pemain. Ini kesempatan untuk membuat sejarah, ini pertama kalinya mencapai final yang tidak ada di Inggris, tambahnya.

Sementara itu, Harry Kane, yang hampir menjadi kapten penuh waktu di bawah Southgate, yakin timnya bisa mengandalkan pengalaman melawan Belanda di semifinal Euro.

Komposisi pemain Inggris yang punya banyak pengalaman di laga-laga besar di klub dan timnas akan cocok dengan permainan tersebut, ujarnya.

“Kami memiliki sejumlah pemain yang pernah merasakan pertandingan besar di level internasional dan klub,” kata striker Bayern Munich itu.

“Anda menggunakan pengalaman itu dalam karier Anda untuk mempersiapkan Anda bagaimana menangani stres dan kegembiraan. Besok malam juga tidak akan berbeda,” tambahnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours