5 Atlet Jawa Barat Perkuat Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Estimated read time 3 min read

BANDUNG – Lima atlet asal Jawa Barat akan memperkuat kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 yang digelar pada 26 Juli hingga 11 Agustus. Ketua Umum KONI Jabar Muhammad Budiana mengungkapkan, atlet-atlet tersebut berasal dari cabang olahraga menembak, panahan, dan bulu tangkis.

Budiana mengatakan, persiapan para atlet dimaksimalkan dengan dukungan dan latihan bersamaan dengan Pelatda PON XXI. “Tujuan olimpiade KOI/KONI pusat, kami KONI Jabar dukung suksesnya atlet-atlet tersebut,” ujarnya, Rabu (24 Juli 2024).

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menyatakan dukungan penuhnya dan berpesan agar para atlet fokus bertanding tanpa merasa terbebani dengan tujuan tertentu. “Yang penting fokus di setiap pertandingan, memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Berikut daftar atlet asal Jawa Barat yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024:

1. Fathur Gustafian (menembak)

Fathur Gustafian telah mendobrak tiket Olimpiade 2024 melalui Asian Rifle/Pistol Championship 2024 atau Asian Rifle and Pistol Championship 2024 yang digelar pada Rabu (10/1/2024) di Lapangan Tembak Senayan Jakarta. Atlet kelahiran Bogor itu mengamankan tiket Olimpiade setelah finis keempat dengan perolehan 208,3 poin di nomor 10m putra. Bagi Fathur, ini kali pertama ia lolos ke Olimpiade.

2. Syifa Nurafifah (panahan)

Atlet berusia 32 tahun asal Kota Bandung ini tengah mempersiapkan debutnya di ajang olahraga terbesar dunia yang sudah dinanti-nantikan tersebut.

Sebagai anggota tim recurve putri Indonesia, Syifa telah menunjukkan ketangguhan dan dedikasi yang luar biasa sepanjang karirnya. Syifa dan rekan-rekannya bertekad mengulangi kejayaan yang diraih Indonesia di Olimpiade Seoul 1988, saat olahraga panahan Indonesia meraih medali emas.

3. Anthony Ginting (bulutangkis)

Olimpiade Paris menjadi kesempatan kedua bagi atlet kelahiran Cimahi, Jawa Barat, tahun 1996 itu, untuk berlaga di ajang bergengsi multidisiplin tersebut. Atlet berusia 27 tahun itu akan tampil di Olimpiade untuk kedua kalinya setelah Olimpiade Tokyo 2020 (diselenggarakan pada tahun 2021 karena pandemi Covid-19). Tawaran Ginting untuk meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020 kandas setelah dikalahkan dua game langsung oleh juara bertahan Chen Long (China) di semifinal.

4. Fajar Alfian (bulutangkis)

Fajar Alfian merupakan salah satu atlet bulutangkis kebanggaan Indonesia yang kerap menyumbangkan medali untuk Merah Putih. Fajar pernah meraih gelar ganda putra peringkat satu dunia bersama Muhammad Rian Ardiant. Ini merupakan kesempatan pertama Fajar tampil di Olimpiade setelah sebelumnya hanya menjadi lawan latihan Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra yang akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

5. Gregoria Mariska (bulutangkis)

Melihat keikutsertaan Jorji pertama kali di Olimpiade Tokyo 2020 (yang akan dimainkan pada 2021), usianya saat itu masih 21 tahun, perjuangannya terhenti di babak 16 besar. tunggal putri andalan asal Thailand, Ratchanok Intanon, takluk. Intanon memenangkan dua game berturut-turut 21:12 dan 21:19 dalam waktu 39 menit. Kini, di usianya yang semakin matang, Gregoria siap meraih kesuksesan lebih besar lagi di Olimpiade.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours