Rumah Putin Dilindungi Banyak Sistem Rudal Termasuk S-400, Waswas Serangan Drone Ukraina

Estimated read time 3 min read

MOSKOW – Kediaman Presiden Rusia Vladimir Putin di kota Valdai, Rusia barat, kini dilindungi oleh beberapa sistem pertahanan rudal, termasuk S-400.

Perlindungan berlapis ini terjadi di tengah meningkatnya serangan drone dari Ukraina.

Laporan awalnya menyatakan bahwa sistem Pantsir telah dipasang di dekat kediaman megah pemimpin Kremlin.

Kini, citra satelit mengkonfirmasi keberadaan setidaknya tujuh sistem serupa yang tersebar di kompleks yang dijaga ketat tersebut.

Laporan tentang perlindungan sistem rudal multi-lapis juga dikonfirmasi oleh analisis Institute for the Study of War (ISW), sebuah kelompok penelitian nirlaba AS.

Lembaga tersebut mengatakan pengerahan sistem pertahanan ini merupakan bagian dari strategi yang lebih luas untuk melindungi target bernilai tinggi dari serangan pesawat tak berawak Ukraina, yang semakin menembus wilayah Rusia.

Sistem Pantsir adalah sistem pertahanan udara jarak pendek hingga menengah, biasanya digunakan untuk menghancurkan pesawat, helikopter, rudal, atau ancaman kecil seperti drone.

Dikenal dengan julukan NATO; SA-22 Greyhound, sistem ini dapat mencegat target pada jarak 12 hingga 25 mil.

Gambar satelit yang diambil pada 6 Mei juga menunjukkan keberadaan teknologi militer lain yang tidak diketahui di dekat istana megah Putin.

Laporan tambahan dari Nexta, outlet yang berbasis di Eropa Timur, mengidentifikasi setidaknya enam sistem lainnya bersama dengan 11 sistem rudal permukaan-ke-udara bergerak S-300 dan S-400 dan beberapa stasiun radar jarak jauh yang tersebar di kediaman Putin di Valdai.

Analis militer tidak mengesampingkan adanya lebih banyak situs tersembunyi di balik kompleks hutan lebat tersebut.

Dari tujuh pertahanan yang dikerahkan, yang paling menonjol terletak di Pulau Ryabinovy, dua mil dari kediaman Putin.

Satu lagi, sekitar 3,1 kilometer dari kediaman dan berdekatan dengan jalan raya terdekat, juga menjaga bunker presiden Rusia.

Lima mil dari Istana Putin, terdapat sistem lain di dekat Bandara Valdai Avia (ULNA), yang sering digunakan untuk penerbangan sipil dan penerbangan pribadi.

Citra satelit juga menunjukkan pemasangan beberapa stasiun radar peringatan dini di dekat sistem Pantsir lainnya, empat mil dari istana presiden.

Menurut Ruslan Pukhov, direktur Pusat Analisis Strategis dan Teknologi yang berbasis di Moskow dan anggota Dewan Penasihat Sipil Kementerian Pertahanan Rusia, yang dikutip oleh Institut Studi Perang, cakupan pertahanan udara yang “terpusat” ini “ membuat “Itu tidak masuk akal dalam skala besar.” “.

Pukhov mengatakan, seperti dilansir majalah Newsweek, Kamis (18/7/2024), hal ini masih memungkinkan drone Ukraina melewati pertahanan udara Rusia dan menyerang dari arah yang tidak diketahui.

Terletak di wilayah Novgorod Rusia, Valdai adalah salah satu dari banyak resor Putin. Tempat tinggal terkenal lainnya termasuk Bocharov Ruchey di Sochi dan beberapa gedung resmi di Moskow.

Pada bulan Januari, setengah orang Ukraina; Selama serangan drone malam hari yang dikoordinasikan oleh Kyiv terhadap depot minyak di St. Petersburg, salah satu pesawat berhasil terbang di atas Istana Valdai, lapor RBC-Ukraina, mengutip sumber anonim di dinas khusus.

Pengerahan sistem pertahanan udara di sekitar kediaman presiden dan lokasi penting lainnya menyoroti tantangan yang dihadapi pasukan Rusia sehubungan dengan ancaman pesawat tak berawak yang sedang berlangsung dari Kiev.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours