Spesifikasi Murmansk-BN Electronic Warfare, Perangkat Militer Canggih Rusia yang Dipasok ke Iran

Estimated read time 2 min read

RUSIA – Rusia dilaporkan telah memberikan Murmansk-BN Electronic Warfare ke Iran. Langkah ini dilakukan di tengah ketegangan mengenai kemungkinan perang Teheran melawan Israel menyusul pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Iran sebelumnya mengancam akan membalas pembunuhan Haniyeh, yang menyalahkan Israel. Menanggapi ancaman tersebut, Tel Aviv tidak takut dan menyatakan siap merespons tindakan apa pun yang ditujukan padanya.

Laporan kehadiran Murmansk-BN di Iran diketahui berdasarkan observasi open source intelijen (OSINT). Mereka mencatat penerbangan berkelanjutan pesawat angkut Rusia ke Iran baru-baru ini.

Jadi, apa sebenarnya yang ditawarkan oleh Perang Elektronik Murmansk-BN Rusia? Di bawah ini adalah penjelasannya.

Spesifikasi Murmansk-BN Electronic Warfare Murmansk-BN Electronic Warfare merupakan perangkat militer canggih Rusia. Sehubungan dengan sistem peperangan elektronik (EW) Moskow, nama ini tidak kalah populernya dengan perangkat sejenis seperti “Krasukha” atau “Divnomorye”.

Mengutip Pengakuan Angkatan Darat, Murmansk-BN dirancang sebagai sistem peperangan elektronik modern oleh perusahaan Rusia KRET. Tugasnya mengganggu sinyal komunikasi peralatan militer musuh dalam radius tertentu.

Sistem Murmansk-BN dianggap yang paling kuat karena dapat mengganggu dan menguping sinyal radio, GPS, satelit, dan sistem elektronik musuh lainnya. Jangkauan operasinya sendiri cukup luas, berkisar antara 5.000 hingga 8.000 kilometer.

Murmansk-BN kemudian dapat ditugaskan dalam 72 jam. Komponen perangkatnya terdiri dari beberapa tiang antena yang dipasang pada kendaraan, misalnya truk jenis militer.

Perangkat juga dapat secara otomatis memindai area yang luas. Biasanya, setiap tiang sepanjang 32 meter mampu menutupi area seluas 640.000 km².

Di bawah kepemilikannya, Murmansk-BN menjadi pilar Rusia sebagai peperangan elektronik paling efektif. Sistem tersebut disebut mampu mengganggu komunikasi satelit militer frekuensi tinggi milik NATO dan AS melalui penggunaannya.

Menurut sumber Rusia lainnya, sistem tempur F-35 AS dikatakan tidak berdaya bahkan karena gangguan yang disebabkan oleh Murmansk-BN. Sebab, kehadirannya sangat bisa diandalkan oleh militer Moskow.

Spesifikasi Murmansk-BN: -Buatan: Rusia

– Tipe: Kendaraan Peperangan Elektronik (Electronic Warfare Vehicle)

– Fungsi : mengganggu sistem komunikasi satelit musuh (kapal perang, pesawat tempur, satelit, dll).

– Frekuensi alarm: 3-30 MHz

– Jarak : 5000 – 8000 km

– Waktu Pemakaian : -+ 72 jam

– Kendaraan pedesaan: Kamaz 53501, Kamaz 6350, dll.)

Berikut sekilas spesifikasi Murmansk-BN Electronic Warfare, alutsista canggih Rusia yang akan dikirim ke Iran.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours