ASUS hadirkan laptop gaming multifungsi ROG Zephirus G16

Estimated read time 3 min read

Jakarta (Antara) – ASUS meluncurkan laptop gaming ROG Zephirus G16 terbarunya di Indonesia, yang tidak hanya untuk gaming, tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti pemrograman, editing, dan pembuatan konten.

“Tentu saja terkadang semua aktivitas tersebut bisa dilakukan dalam satu sesi, sehingga kami membutuhkan laptop yang bisa dibawa kemana saja namun cukup andal untuk menjalankan aplikasi ringan dan berat. Oleh karena itu ROG Zephyrus. G16 dirancang untuk mengakomodasi hal tersebut dengan sebaik-baiknya,” katanya. . Product Manager ASUS Indonesia Gaming Darren Theodoric pada acara peluncuran di Jakarta Pusat pada Kamis (22/8).

ROG Zephyrus G16 (GA605) menawarkan desain modern dan ringan berkat penggunaan sasis mesin CNC. Laptop ini memiliki bobot hanya 1,85 kg dan tebal 1,49 cm, menjadikannya salah satu laptop gaming tertipis di kelasnya.

Desain ringkas dan ringan ini juga memungkinkan penambahan ruang pada keyboard dan sistem audio. Keyboard edge-to-edge dengan tombol besar dan touchpad besar memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna.

Selain itu, kualitas audio juga diperkuat dengan dukungan Dolby Atmos dan speaker berukuran lebih besar sehingga menghasilkan suara lebih jernih dan bertenaga.

Diklaim sebagai laptop gaming AI level berikutnya, ROG Zephyrus G16 ditenagai prosesor AMD Ryzen AI 300 Series yang dibekali performa 50 TOP NPU.

Prosesor ini menggunakan arsitektur Zen5 terbaru yang mampu memberikan performa dan efisiensi energi lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Berikutnya, arsitektur grafis baru AMD RDNA 3.5, grafis terbaru AMD Radeon seri 800M di laptop ini dirancang untuk menghadirkan frame rate yang mulus saat memainkan game AAA. Pada Kamis (22/8/2024) berlangsung acara peluncuran rangkaian perangkat gaming ASUS terbaru di Indonesia yaitu laptop gaming TUF Gaming A14 dan ROG Zephyrus G16 serta laptop gaming ROG Ally X di Jakarta Pusat. (Antara/Farhan Irada)

ROG Zephyrus G16 hadir dengan dua pilihan GPU NVIDIA GeForce RTX 4070 dan RTX 4060. Dengan dukungan GPU tersebut, laptop ini cocok untuk berbagai aktivitas mulai dari gaming, rendering hingga eksperimen AI.

ROG Zephyrus G16 memiliki sistem pendingin canggih yaitu teknologi tiga kipas dan logam cair yang menjamin pengontrolan suhu.

“Jadi dalam hal pendinginan, dibutuhkan hembusan panas dari bodi yang sangat tipis untuk menghasilkan pendinginan yang sangat efisien,” kata Darren.

Dari segi tampilan, ROG Zephyrus G16 mengusung layar ROG Nebula berukuran 16 inci yang mendukung resolusi 2,5K dan refresh rate 240Hz. Layar portabel ini menggunakan panel OLED dan dilengkapi teknologi VRR (variable refresh rate).

Panel OLED ini menawarkan cakupan DCI-P3 100 persen, waktu respons 0,2 ms, serta akurasi warna tinggi dengan dukungan HDR dan sertifikasi industri.

ROG Zephyrus G16 tersedia dalam pilihan warna Eclipse Grey dan Platinum White. Harga laptop ini adalah Rp 41.999.000.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours