Semen Indonesia dan PLN perkuat sinergi menuju industri hijau

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – PT Semen Indonesia Tbk (SIG) dan PT Perusahaan Usaha Negara (PLN) terus memperkuat upaya percepatan transisi energi menuju industri hijau melalui bisnis dan operasional rendah karbon.

Manajer Operasional SIG, Renee Vulandari menilai kemitraan BUMN ini sejalan dengan rencana masing-masing perusahaan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia sekaligus membantu pemerintah memenuhi target pengurangan karbon pada tahun 2050 (Net Zero Emissions/NZE Provides). bantuan dalam mencapainya.

“SIG dan PLN memiliki visi yang sama untuk mendorong terciptanya industri hijau melalui ketenagalistrikan berbasis EBT,” kata Rennie di Jakarta, Senin.

Program ini diharapkan dapat mengurangi dampak lingkungan dari contoh industri yang memanfaatkan atau mengandalkan sumber daya alam dan mempercepat pengurangan emisi gas rumah kaca.

“Sebagai pengguna energi, hubungan SIG dan PLN tidak hanya antara pengguna dan penyedia layanan, tetapi juga sebagai mitra jangka panjang.” SIG dan PLN telah menandatangani Nota Kesepahaman untuk menyediakan energi bersih guna memenuhi kebutuhan mereka di wilayah tempat kami beroperasi di SIG pada bulan September 2023”.

Rennie mencontohkan SIG merupakan pengguna listrik besar dengan konsumsi listrik tahunan sekitar 2,9 terawatt hour (TWh) atau Rp 2,9 juta.

Sedangkan SIG memiliki lahan berupa rooftop, ground, dan kolam yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya hingga 572 megawatt (MWp).

“Kerja sama dengan PLN dalam pengembangan panel surya diharapkan dapat meningkatkan pangsa penggunaan energi terbarukan dan membantu pencapaian target penurunan intensitas CO2 sebesar 23,9 persen hingga 2% dibandingkan tahun 2019 seperti yang dicanangkan pada tahun 2030. Akan mendapatkan keberlanjutan SIG rencana,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, Enterprise Client Meeting ini merupakan bentuk apresiasi PLN atas kemitraan yang telah terjalin selama ini dengan pelanggan industri.

Menurutnya, peran pelanggan sangat penting dalam menjaga keamanan negara dan memperkuat pertumbuhan ekonomi.

Dharmawan Prasodjo mengatakan: “Acara ini merupakan salah satu wujud terima kasih pelanggan atas dukungannya selama ini. Kami berharap dapat semakin meningkatkan hubungan antara PLN dan pelanggan Pengusaha untuk meningkatkan perekonomian berkelanjutan.”

Darmawan juga menjelaskan, untuk mendukung energi rendah karbon, PLN juga mengembangkan bisnis multi-kilowatt dimana PLN tidak hanya menyediakan listrik, tetapi juga menyediakan internet, fiber optic, dan energi hijau untuk mendukung industri rendah karbon.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours