Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Dibuka Kembali Besok, Ini Dokumen yang Diperlukan

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Pendaftaran KIP Kuliah 2024 akan dibuka besok, Senin (29 Juli 2024). Pelamar beasiswa harus mengunggah ulang dokumen persyaratan.

Baca Juga : Ceramah KIP Terbaru, Cek Update Setelah Hacks Yang Harus Diketahui

Dampak peretasan sementara server Pusat Data Nasional (PDNS) berdampak pada sistem Kartu Indonesia Pintar (KIP) universitas. Tahun ini, proses pendaftaran KIP Kuliah bagi mahasiswa baru juga sempat terhenti.

Baca juga: 42 Persen Mahasiswa S1 KIP Lulus Cum Laude, IPK Di Atas 3

Bagi mahasiswa lanjutan, perkuliahan Proses Pembayaran KIP tidak terganggu. Beasiswa mahasiswa negeri semester 2023/2024 tercatat sebesar 98,8 persen saat server PDNS down.

Sayangnya, peserta KIP Kuliah yang mendaftar sebelum penyerangan PDNS harus mengklaim kembali akun KIP Kuliahnya di situs resmi KIP Kuliah kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Baca juga: Kemendikbud berikan pendaftaran baru biaya KIP dan perkuliahan

Website resmi KIP Kuliah menginformasikan bahwa sistem KIP Kuliah akan beroperasi mulai tanggal 29 Juli hingga 31 Agustus 2024. Selain memerlukan akun KIP, peserta KIP Kuliah harus mengecek kembali informasi yang disimpan dan mengunggah kembali dokumen dan informasi pendukung. .

Catatan dan informasi perkuliahan KIP 2024.

1. Scan atau foto rapor terbaru Anda

2. Scan sertifikat berbagai prestasi atau foto Anda (jika ada)

3. Gambar bagian depan dan interior rumah

4. Foto rumah calon siswa dan anggota keluarga lainnya

5. Informasi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

6. Informasi nomor induk mahasiswa

7. Informasi Nomor Kepala Sekolah Nasional (NPSN).

8. Setelah verifikasi email aktif peserta dan NIK, NISN dan NPSN, kode akan meminta untuk mengirimkan nomor pendaftaran.

Cara Mendaftar KIP Perguruan Tinggi 2024

1. Peserta melakukan pendaftaran akun sendiri pada website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

2. Kemudian masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email aktif Anda pada kolom yang tersedia

3. Peserta kemudian menunggu sistem untuk memastikan keabsahan NIK, NISN dan NPSN. Jika berhasil, nomor registrasi dan kode akses akan dikirim ke alamat email

4. Login ke website KIP Kuliah Merdeka dengan memasukkan nomor registrasi dan kode akses

Selesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan pilih proses seleksi selanjutnya.

5. Selesaikan proses pendaftaran di website KIP Kuliah sesuai metode seleksi yang dipilih

6. Calon yang telah dinyatakan memenuhi syarat disetujui oleh pihak ketiga sebelum ditawarkan oleh Puslapdik sebagai mahasiswa KIP Kuliah.

Proses pengajuan KIP Kuliah dibuka hingga 31 Oktober 2024. Lamanya proses pendaftaran disesuaikan dengan mahasiswa yang akan diterima di jalur PTN dan PTS mandiri.

Pada tahun 2023, jumlah pendaftar beasiswa yang semula bernama Beasiswa Bidikmisi ini akan melebihi 1 juta orang. Kuotanya hanya untuk 161.000 siswa.

Artinya, hanya 20 persen peserta yang mendapat KIP Kuliah. Jadi persiapkan semaksimal mungkin dan lengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Inilah dokumen dan informasi yang dibutuhkan untuk mendaftar KIP Kuliah 2024 yang dibuka besok. Saya harap informasi ini bermanfaat bagi Anda.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours