Wajah baru dari tiga tim raksasa Liga Spanyol

Estimated read time 6 min read

JAKARTA (ANTARA) – Selama lebih dari 15 musim, rivalitas klasik Real Madrid dan Barcelona diganggu oleh adik El Real, Atletico Madrid.

Perebutan gelar juara liga papan atas tanah Spanyol kini tidak hanya diperebutkan oleh Real Madrid atau Barcelona, ​​​​tetapi juga oleh Atlético Madrid.

Pada kompetisi La Liga 2024/2025, tiga tim yang akan bersaing memperebutkan gelar juara kini mengalami peningkatan dalam beberapa hal sehingga menjadikan Matador sebagai tim terbaik Tanah Air.

Dibandingkan bursa transfer musim panas musim lalu yang lesu, aktivitas bursa transfer ketiga tim musim panas ini lebih memanas.

Real Madrid dan Barcelona yang kerap bergelimang kemewahan membeli pemain berlabel bintang enggan menyegel bintang individu pada bursa transfer musim lalu. Faktanya, Atletico Madrid juga tidak berminat memburu pemain dan tetap menjaga kedalaman skuadnya saat ini.

Pada bursa transfer musim panas ini saja, tiga klub besar Spanyol mulai gencar mendatangkan wajah-wajah baru yang bisa memperbaiki skuadnya agar bisa bersaing meraih gelar juara. Presiden Real Madrid Florentino Perez (kanan) memperkenalkan striker baru klubnya asal Brasil Endric Felipe di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Sabtu (27/7/2024). ANTARA / AFP / Javier Soriano / Am.

Sebelumnya di kubu juara, Real Madrid merampungkan perekrutan dua penyerangnya, Kylian Mbappe dan Henrique.

Sementara itu, Barcelona langsung memanggil kembali mantan jebolan La Masia Dani Olmo dari RB Leipzig usai penampilan impresifnya di Piala Eropa 2024.

Atlético Madrid tidak ingin kalah dalam pertandingan ini. Atletico Madrid langsung mengamankan tanda tangan striker Villarreal Alexandre Sorlot setelah dibuang striker Alvaro Morata yang pindah ke AC Milan. Selain itu, kubu Los Colchoneros juga memburu penyerang Manchester City Julian Alvarez.

Dengan kedatangan sang bintang, wajah dan gaya ketiga klub raksasa itu bisa saja berubah.

Berikutnya: El Potongan Puzzle Nyata El Potongan Puzzle Nyata

Untuk musim 2023/2024, Real Madrid belum menunjukkan tanda-tanda akan segera mencari pengganti striker Karim Benzema yang keluar. Faktanya, pemain pinjaman Joselo Mato dari Getafe adalah satu-satunya pemain di tim peringkat sembilan asuhan Carlo Ancelotti.

Musim ini, kedatangan dua penyerang Kylian Mbappe dan Endric yang sama-sama bisa bermain sebagai pemain nomor sembilan menjadi potongan teka-teki terakhir yang dibutuhkan El Real selama ini.

Meski menjadi tim paling efisien musim lalu dengan 87 gol, El Real selalu kesulitan mendobrak pertahanan tim yang bermain dengan sistem pertahanan inferior.

Tanpa peran sebagai pemain nomor sembilan, Carlo Ancelotti terpaksa menggunakan Jude Bellingham, yang sesekali memainkan nomor delapan, sebagai striker bayangan selama satu musim. Pelatih Real Madrid asal Italia Carlo Ancelotti (tengah) memberikan instruksi kepada para pemainnya saat pertandingan sepak bola Piala Super UEFA di Warsawa, Polandia, pada 14 Agustus 2024. (Wojtek RADWANSKI/AFP Photo) Bellingham sukses menjadi pencetak gol terbanyak LA Liga setelah mencetak total 19 gol.

Kehadiran Mbappe tentu akan menambah variasi serangan Los Blancos dengan dinamisnya kehadiran Vincenzo Junior, Rodrigo Goes, dan Jude Bellingham di lini depan.

Kecil kemungkinannya Real Madrid akan mampu mempertahankan gelar La Liga dan semakin memperkuat dominasinya di negara matador tersebut dengan meraih gelar liga ke-37.

Berikutnya: Kedalaman skuad El Barca Kedalaman skuad El Barca

Permasalahan Barcelona musim lalu adalah seringnya cedera pada para gelandang yang bolak-balik bekerja sama dengan tim medis.

Selain Gavi yang absen lama karena cedera bibir, gelandang seperti Pedri dan Frenkie de Jong masih harus dirawat di rumah sakit karena cedera.

Olmo diharapkan bisa mengulangi performa impresifnya membela La Roja dalam performa Blaugrana.

Olmo bisa bermain sebagai pemain nomor delapan di RB Leipzig atau sebagai pemain nomor sepuluh yang bisa bermain melebar di sayap dan akan menjadi pilihan berguna bagi Barcelona yang saat ini kehilangan Gavi dan Frenkie de Jong. , dia akan melewatkan awal musim karena cedera.

Barcelona kini memasuki era baru di bawah asuhan pelatih baru Hans Flick. Pelatih baru Barcelona asal Jerman Hans Flick menghadiri acara penyerahan pelatih baru Barcelona di stadion Camp Nou Barcelona pada Kamis (25/7/2024). ANTARA / AFP / Josep Lago / Am.

Terkenal sebagai juru taktik yang mampu mengembangkan bakat-bakat muda, Flick tentu akan menjadi nilai tambah mengingat kondisi skuad El Barca yang saat ini beranggotakan pemain-pemain muda jebolan La Masia.

Namun, mantan manajer Bayern Munich dan pemain internasional Jerman itu punya tugas besar memperbaiki kokohnya lini pertahanan Barcelona di musim 2023/2024.

Di La Liga, kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen menempati urutan kelima daftar pencetak gol terbanyak tim setelah kebobolan 44 gol atau rata-rata 1,1 gol per pertandingan.

Jika ingin menjadi penantang gelar juara, lini pertahanan tentu harus berbenah mengingat juara musim lalu, Real Madrid, juga berstatus tim yang paling sedikit kebobolan musim ini setelah kebobolan 26 gol.

Gol yang dicetak El Barca pada musim 2023/2024 juga meningkat dua kali lipat dibandingkan musim 2022/2023. Ter Stegen dan kawan-kawan total kebobolan 20 gol pada musim itu, membuktikan formasi ketat yang mereka miliki mampu membawa mereka meraih gelar juara liga.

Berikutnya: Yang membedakan Los Colchoneros Perbedaan Los Colchoneros

Atletico Madrid menjadi tim yang inkonsisten di musim 2023/2024 dibandingkan dua rivalnya, Real Madrid dan Barcelona.

Faktanya, Los Colchoneros hanya mengandalkan lini depan Antoine Griezmann dan Alvaro Morata, dan kerap menemui jalan buntu jika kekuatan serangannya dihentikan lawan.

Secara keseluruhan, Griezmann dan Morata menjadi pencetak gol terbanyak Atletico Madrid dengan masing-masing 16 gol dan 15 gol di La Liga, dan mereka bisa mencetak total 70 gol musim ini. Rekor tersebut menempatkan Atletico Madrid di peringkat keempat sebagai tim dengan torehan gol terbanyak di bawah Real Madrid, Girona, dan Barcelona.

Dalam hal tidak memberikan bola, tim asuhan Diego Simeone juga tidak terlalu tajam. Jumlah gol Jan Oblak adalah yang paling sedikit keempat oleh sebuah tim musim lalu setelah kebobolan 43 kali sepanjang musim.

Hal ini tentunya terjadi pada Atletico Madrid yang sedang melakukan peremajaan skuadnya dengan melepas Robin Le Normand, Julian Alezvar, dan Alexandre Sorlot, dan berharap ketiga pemain anyar tersebut bisa cocok di tangan kuat Simeone musim ini. Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone. (JORGE GUERRERO/AFP)

Di lini depan, ketajaman Sorlot pada musim lalu tak perlu diragukan lagi. Sorlot hanya tertinggal satu gol dari pencetak gol terbanyak La Liga Artem Dovbyk yang mencetak total 24 gol. Kepiawaian Sorlot dalam mengubah peluang sekecil apapun menjadi gol tentu akan menambah formasi menyerang Los Rojiblancos yang dipimpin Griezmann.

Selain Sorlot, ada Julian Alvarez yang bisa ditempatkan di berbagai posisi selain pemain nomor sembilan. Tipikal striker modern, Alvarez tentu akan menjadi pilihan menjanjikan dalam formasi 3-5-2 Simeone.

Sementara itu, untuk memperlebar lini belakang, Atletico Madrid langsung mendatangkan Le Normand yang tampil apik melawan Real Sociedad. Selain itu, pemain berusia 27 tahun itu menjadi salah satu kunci upaya La Roja menjuarai Piala Eropa 2024.

Dengan berkembangnya tiga tim besar dengan merekrut sejumlah pemain bintang, persaingan di La Liga bisa jadi semakin ketat. Selain itu, ada beberapa tim yang bisa menampilkan penampilan impresif, antara lain Girona, Real Sociedad, dan Athletic Bilbao.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours