Pilkada Jakarta, Siapa Cocok Dampingi Ridwan Kamil?

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Nama Ridwan Kamil sebagai calon gubernur akan dipromosikan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilkada 2024 Jakarta. Siapa yang mau berangkat bareng suami Atalia Praratya?

Tanda dukungan terhadap Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta pertama kali diberikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Keputusan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jakarta terjadi setelah adanya diskusi antara Golkar dan Partai Gerindra.

Kedua belah pihak sepakat mencalonkan Dedi Mulyadi untuk pemilihan kepala daerah di Jawa Barat. Sedangkan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. “Iya yang jelas kalau Jawa Barat (Dedi Mulyadi, red.), Jakarta masih kita minta, apalagi Jakarta itu KIM Plus,” kata Airlangga, Jumat (2/8/2024).

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus memberikan indikasi jelas bahwa Ridwan Kamil (RK) akan memenangkan Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga: KIM Plus Laporkan Tiga Pilkada, Siapa Pemenangnya?

“Iya itu yang kita, kata Dedi di sana (Pilkada Jabar), artinya RK OTW itu bagus. Mungkin nanti kita pasang baliho ya? Bagaimana, tidak setuju? kata Lodewijk.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani pun memberi indikasi partainya akan mendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. Isyarat itu disampaikan Muzani lewat nyanyian, saat ditemui pemilih di Gedung DPR Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024).

Inilah puisi Muzani:

“Pergi ke Pangkalan Jati untuk berbelanja

Makan bubur dan lotek

Provinsi DKI akan menjadi besar

Jika gubernur punya rencana.”

Ridwan Kamil dikenal sebagai arsitek sebelum terjun ke dunia politik.

Saat ditanya soal putri Ridwan Kamil di Jakarta, Muzani tertawa dan mengatakan awak media harus menunggu lagu selanjutnya.

“Tentunya untuk Wagub dan KIM Plus atau KIM Min tunggu lagu selanjutnya,” ujarnya.

Siapa yang suka jalan bareng Ridwan Kamil?

Banyak nama yang bermunculan sebagai sahabat Ridwan Kamil untuk dicalonkan di Pilkada Jakarta. Misalnya Jusuf Hamka, Zita Anjani, Kaesang Pangarep.

Jusuf Hamka yang sebelumnya menerima surat sebagai cagub atau cawagub bisa dipilih menjadi pasangan Ridwan Kamil. Soalnya, kedua tokoh tersebut merupakan pimpinan Partai Golkar. Oleh karena itu, diperlukan upaya politik lebih keras dari Partai Golkar yang memiliki 10 kursi di DPRD DKI Jakarta untuk meyakinkan parpol lain, khususnya anggota KIM, agar mendukung koalisi tersebut.

Nama lainnya adalah Zita Anjani, Ketua Partai Amanat Nasional (PAN). Sejak lama, PAN yang memiliki 10 kursi DPRD di Jakarta pada 2024-2029 memang terus menyebut nama Zita Anjani sebagai calon wakil gubernur.

“Yang jelas PAN punya tiket sendiri untuk mencalonkan gubernur, yaitu Wakil Gubernur Zita Anjani. PAN berharap calon gubernurnya berasal dari PAN Zita Anjani, kata Wakil Ketua PAN Viva Yoga Mauladi.

Nama lain yang berpeluang mendampingi Ridwan Kamil adalah Ketua Umum Partai Solidaritas (PSI) Kaesang Pangarep. Selain jumlah kursi PSI di Jakarta sebanyak delapan, isu Kaesang sebagai anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga bisa menjadi pertimbangan.

Analis krisis yang berbasis di Jakarta, Sugiyanto, mengatakan, dari segi usia dan pengalaman, Kaesang masih muda dan belum memiliki pengalaman yang cukup untuk mencalonkan diri sebagai polisi di Jawa Tengah. Faktanya, pengaruh Kaesang di Jawa Tengah jauh lebih kecil dibandingkan Ahmad Luthfi.

Sugiyanto mengatakan, setidaknya ada lima sumber yang mendukung kesuksesan pasangan Ridwan Kamil-Kaesang Pangarep di Jakarta.

Diantaranya, ada banyak peluang untuk sukses. “Pasangan Ridwan Kamil-Kaesang Pangarep berpeluang besar menang di Jakarta sebagai gubernur dan wakil gubernur. Alasannya jelas, itu Koalisi KIM Plus sendiri,” ujarnya, Senin (5/8/2024).

Selain itu, meski ibu kota negara berpindah, Jakarta akan selalu menjadi simbol politik negara. “Menjadi Cawagub Jakarta dan berpeluang besar menjadi gubernur lima tahun ke depan akan lebih menguntungkan bagi Kaeasng dibandingkan risiko rugi jika mencalonkan diri sebagai Cawagub Jawa Tengah dan tidak yakin.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours