Eksotika Bromo jadi acara terbaik Indonesia KEN 2024

Estimated read time 2 min read

Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Menparekraf) memuji festival seni budaya “Bromo Exotika” sebagai event terbaik se-Indonesia dalam KEN 2024 yang diselenggarakan Gunung Bromo di Probolinggo yang mereka selenggarakan di laut. pasir. Kabupaten, Jawa Timur, Sabtu.

“Acara ini terpilih sebagai ajang KEN 2024 Indonesia terbaik karena konsep inovasinya yang unik dan kualitas pelaksanaannya,” kata Sandigaga saat memberikan sambutan di Bromo Exotica.

Ia mengucapkan terima kasih kepada komunitas seni, Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam Bromo Eskotika 2024. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga juga membacakan.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Pemda Probolinggo Tutug Edi Utomo juga menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap terselenggaranya kembali Bromo Exotica 2024 yang digelar selama dua hari pada 27-28 Juli 2024.

“Bromo Exotics merupakan wujud penghormatan total terhadap manusia dan alam. Semoga kedepannya dapat terus berlanjut dan berkembang sehingga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan ini tentunya akan memberikan dampak baik bagi perkembangan perekonomian dan perkembangan seni budaya di Kabupaten Probolinggo.

Bromo Exotica kembali menampilkan seni dan budaya dengan latar belakang pemandangan indah Gunung Bromo. Bromo Exotics menyoroti tiga aspek kehidupan manusia yaitu Tengger dan budayanya; Brom dan sifatnya; Jawa Timur dan seninya.

Tema Bromo Exotics kali ini adalah Ruwat Rawat Segoro Gunung. Bromo Exotics menawarkan pengalaman spiritual melalui ekspresi budaya yang menyatu dengan keindahan alam.

Pada hari pertama pertunjukan diawali dengan Upacara Adat Semeninga yang dipimpin oleh Dukun Romo Pandita Tengger, kemudian dilanjutkan dengan Pertunjukan Tabuh Daul Keramat Lanceng, Perkusi Pamekasan Senopati, Pertunjukan Perkusi Reyog Kendang Tulungagung, Pertunjukan Slining Lumajang Jaranan.

Kemudian kesenian Sanggar Seni Laut Biru Sumbar, Kesenian Baleo Lembata NTT, Kesenian Jegog Suar Agung Jembrana Bali, Kecak Bali, Sabah Malaysian Dance Steps Association, Pyungsan Sonolumgut Korea Selatan dan Kesenian Guyon Maton Jawa Timur keseniannya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours