WP: Israel kabari AS setelah bunuh pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

Estimated read time 2 min read

Ankara (ANTARA) – The Washington Post (WP) melaporkan pada Rabu bahwa Israel mengatakan kepada pemerintah AS bahwa rezim Zionis berada di balik pembunuhan Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh pada 31 Juli di ibu kota Iran, Teheran.

“Israel menolak mengomentari pembunuhan Haniyeh namun segera memberi tahu para pejabat AS bahwa mereka bertanggung jawab,” kata Washington Post, mengutip tiga orang yang akrab dengan Gedung Putih yang berbicara tanpa menyebut nama.

Surat kabar tersebut melaporkan bahwa pejabat Gedung Putih menanggapi berita tersebut dengan kemarahan dan kemarahan atas pembunuhan Haniyeh.

AS melihat insiden ini sebagai kemunduran dalam upayanya selama berbulan-bulan untuk mencapai gencatan senjata di Gaza.

Dia juga mengatakan ketegangan antara pemerintah AS dan Israel meningkat ketika Tel Aviv terus mengambil tindakan sepihak dalam konflik yang telah menewaskan 40.000 warga Palestina sejak serangan Hamas pada 7 Oktober.

Dia juga kesal karena para pejabat AS tidak memberi tahu Israel sebelum melancarkan operasi lain yang menewaskan komandan militer Hizbullah atau Iran.

Iran dan Hamas menyalahkan Israel atas pembunuhan Haniyeh, namun Tel Aviv tidak membenarkan atau menyangkal tanggung jawab.

Beberapa jam sebelum Haniyeh terbunuh, Israel membunuh komandan militer Fouad Shukr dalam serangan udara di Beirut.

Amerika Serikat, Qatar dan Mesir telah berusaha selama berbulan-bulan untuk mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas mengenai pertukaran tahanan dan kesepakatan perdamaian di Gaza, namun upaya ini tidak berhasil.

Baku tembak singkat pada bulan November mengakibatkan pertukaran tahanan dan sandera.

Sumber: Anatolia

Baca juga: Anggota KHRD: Pembunuhan Ismail Haniyeh Tunjukkan Israel Tak Ingin Perdamaian

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours