Ada Formasi 1 Juta Lebih, Begini Tips Biar Lolos Tes SKD dan SKB CPNS 2024

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Pelamar perlu mengetahui tips agar lulus ujian SKD dan SKB CPNS 2024. Selain itu, pembentukan 1 juta lebih CASN di tahun 2024 akan melawan jutaan pendaftar.

Baca Juga: Kemenkes Buka 8.607 Pelatihan CPNS 2024: Peluang Besar untuk Semua Pekerjaan, Tak Hanya Tenaga Kesehatan.

Sebanyak 1.289.824 pelatihan dibuka Pemerintah pada tahun ini bagi pejabat publik, baik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Negeri Sipil dengan Kontrak (PPPK).

Jumlah tersebut terbagi atas 427.650 pelatihan di instansi pusat dan 862.174 pelatihan di instansi daerah, termasuk talenta digital yang akan tersedia di Ibukota Negara Republik Indonesia (IKN) dan pemerintah daerah.

Baca juga: Resmi, Berikut Pembentukan CPNS 2024 Khusus Diaspora dan Syarat yang Harus Dipenuhi.

Tes Keterampilan Dasar (SKD) dan Seleksi Keterampilan Lapangan (SKB) merupakan proses seleksi pendaftaran CPNS. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa tips untuk passing.

8 Tips Agar Lulus Ujian SKD dan SKB CPNS 2024 Ketahui Jenis Soal dan Pelajari Gridnya.

Pelajari isi materi dan pola soal ujian CPNS tahun lalu. Informasi tersebut dapat diperoleh melalui panduan belajar CPNS, aplikasi, atau video belajar online.

Baca juga: Berapa Jumlah PNS di Indonesia? Wanita yang dominan? itu saja

Dengan memahami pola soal tahun sebelumnya, Anda bisa mendapatkan gambaran atau prediksi tentang jenis soal yang mungkin muncul pada ujian CPNS tahun ini.

2. Lanjutkan latihan soal.

Persiapkan dengan mengerjakan contoh soal tes CPNS untuk membantu Anda dalam menghadapi SKD dan SKB. Temukan kumpulan contoh soal dan ikuti ujian tiruan untuk mengukur dan memperbaiki kelemahan yang ada.

3. Mengetahui pola soal dan materi ujian.

Pelajari pola soal dan materi tes yang akan diujikan. Identifikasi jenis-jenis soal yang sering muncul dan fokuskan pembelajaran pada materi yang sering muncul pada ujian SKD dan SKB.

Lihat juga:

4. Jangan pernah membiarkan jawaban kosong

Sangat disarankan untuk tidak membiarkan ada pertanyaan yang tidak terjawab, terutama pada Tes Keterampilan Dasar (TKP). Pada tes jenis ini, mendapatkan jawaban berbobot paling rendah tetap dinilai dengan skor 1. Hal ini lebih baik daripada tidak menjawab apa-apa dan mendapat bobot 0. Apalagi skor TKP mempunyai bobot lebih tinggi dibandingkan tes lainnya.

5. Ajukan pertanyaan yang paling mudah

Tips lulus ujian SKD dan TKP CPNS 2024 adalah dengan mengutamakan soal TKP. Pertanyaan ini tidak memiliki jawaban yang salah dan penundaan minimal dalam menyelesaikan pertanyaan. Kemudian dilanjutkan ke tes akhir TWK dan TIU.

6. Kelola waktu Anda dengan baik

Berlatihlah menjawab pertanyaan dalam waktu terbatas. Tingkatkan kecepatan dan ketepatan saat mengerjakan soal sehingga Anda dapat menyelesaikan ujian dalam batas waktu.

7. Istirahatlah

Pastikan Anda cukup istirahat sebelum ujian. Kesehatan fisik dan mental sangat penting untuk bekerja dengan baik pada hari ujian.

Menjelang hari ujian, ada baiknya Anda mengistirahatkan pikiran untuk mempersiapkan otak menghadapi hari besar.

8. Mintalah doa kepada orang tua atau anggota keluarga.

Hal terpenting ketika ingin bertanya seputar ujian SKD CPNS adalah mohon doanya kepada orang tua atau saudara. Hal ini sebaiknya Anda lakukan karena akan mempengaruhi kepercayaan diri dan kesehatan mental Anda.

Anda akan menyadari bahwa doa orang tua dan keluarga menyertai Anda dalam perjuangan Anda untuk lulus ujian SKD dan tentunya hal ini akan membuat Anda semakin nyaman untuk menjalaninya dengan harapan mendapatkan hasil yang terbaik.

Demikian 8 Tips Lulus Ujian SKD dan SKB CPNS 2024 Semoga informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours