Sejarah Copa America, benarkah kompetisi antarnegara tertua di dunia?

Estimated read time 2 min read

Batavia (ANTARA) – Copa America merupakan turnamen sepak bola yang diakui Konfederasi Sepak Bola Selatan (CONMEBOL) yang dikenal sebagai kompetisi sepak bola antar negara non-Eropa tertua di dunia.

Kompetisi klub tertua di dunia adalah Piala FA di Inggris, dengan Olimpiade Musim Panas pada tahun 1908 menjadi turnamen sepak bola pertama yang dipertandingkan dalam skala internasional.

Copa America pertama kali diadakan pada tahun 1916, awalnya dikenal dengan nama Kejuaraan Sepak Bola Sudamericano de Futbol Meridiana Americana.

Menurut berbagai sumber, Copa America menjadi kompetisi internasional antar negara yang lebih besar dari Piala Dunia FIFA yang baru dimulai pada tahun 1930.

Sejarah Copa Amerika

Copa America pertama kali diadakan di Buenos Aires, Argentina, pada tahun 1916, dalam rangka peringatan 100 tahun kemerdekaan negara tersebut.

Pada awal penyelenggaraannya, kompetisi ini hanya diikuti oleh grup CONMEBOL (Amerika Selatan), seperti Argentina, Brazil, Uruguay, Paraguay, Peru, Chile, Bolivia, Kolombia, Venezuela, dan Ekuador.

Hingga tahun 1975, kompetisi ini disebut Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan atau Campeonato Sudamericano de Futbol. Sejak itu nama Copa diubah menjadi Amerika.

Kompetisi ini memiliki berbagai perubahan informasi dan jumlah peserta. Seiring berjalannya waktu, jumlah peserta kompetisi ini terus bertambah.

Sejak tahun 1993, Copa America mengalami perubahan signifikan dalam hal partisipasinya, dengan melibatkan negara-negara dari asosiasi lain, termasuk CONCACAF (Amerika Utara).

Pada awalnya hanya negara anggota CONMEBOL yang berpartisipasi, namun sejak tahun itu tim dari asosiasi lain seperti CONCACAF dan AFC juga diundang untuk berpartisipasi sebagai tamu.

Copa America sudah digelar selama dua tahun. Namun pada tahun 1959, Copa America kedua digelar di tahun yang sama.

Meski jadwalnya berubah, pada tahun 2007 disepakati kompetisi diadakan empat tahun sekali.

Setiap turnamen Copa diadakan di negara yang berbeda, memberikan kesempatan kepada tuan rumah untuk menampilkan kekayaan budaya mereka di panggung internasional.

Dengan penyelenggaraan lebih dari satu abad, Copa America tetap menjadi ajang internasional dan menjadi salah satu kompetisi olahraga terindah di dunia modern.

Dalam sejarah Copa America, negara yang mendominasi gelar adalah Amerika Serikat dan Uruguay.

Setelah Brasil, ia meraih 9 gelar Copa America, sedangkan Peru, Paraguay, dan Chile meraih 2 gelar.

Lalu ada Bolivia dan Kolombia yang sudah meraih satu kemenangan sejak turnamen yang pertama kali digelar pada tahun 1916 ini.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours