Arung jeram – Medali emas head to head R4 diraih Jabar dan Jakarta

Estimated read time 2 min read

Banda Aceh (ANTARA) – Kontingen Jawa Barat (Barat) dan Jakarta berhasil meraih medali emas melalui ajang head-to-head (H2H) R4 pada ajang Arung Jeram Aceh-Sumut XXI 2024 yang berlangsung di Sungai Alas Ketambe, Aceh Tenggara, Sabtu.

Pada jumlah tersebut, Jabar mendominasi kategori putra. Sedangkan Jakarta mendominasi kompetisi putri. Demikian hasil balapan yang didapat di Banda Aceh pada Sabtu malam.

Jabar menambah koleksi medali emasnya setelah mengalahkan Aceh di babak final dengan menempati posisi teratas dengan catatan waktu 1 menit 46,52 detik. Sementara Aceh yang meraih medali perak berhasil menyelesaikan kompetisi dengan catatan waktu 1 menit 57,33 detik.

Banten meraih medali perunggu dengan mengalahkan Sulawesi Utara dengan waktu tercepat 1 menit 49,45 detik, lebih cepat 10,34 detik dari lawannya.

Kemudian Jakarta yang menghadapi Sumut dengan waktu finis tercepat 2 menit 07,72 detik merebut emas putri. Dengan catatan waktu 2 menit 16,08 detik, Sumut hanya mampu membawa pulang medali perak.

Kalsel meraih medali perunggu usai mengalahkan Yogyakarta yang mendapat hadiah penalti. Usai mendapat penalti, catatan waktu finis pribadinya adalah 3 menit 02,37 detik. Kalsel mencatatkan waktu 2 menit 17,86 detik.

“Alhamdulillah dapat emas. Main di Sungai Alas harus menekan keras, lalu tidak kendor, ini awal yang bagus dan babak Boyan harus cepat. Strategi kami merebut Boyan 3 dan 4, karena jaraknya dekat, kami tidak terlalu menekan,” kata Khaisya, kapten tim Jakarta.

Sebelumnya, kategori hilirisasi (DRR) R6 dan R4 dilaksanakan pada Kamis (12.09) dan Jumat (13.9). Untuk kategori DRR R6, Aceh meraih medali emas pada sektor putra, sedangkan Sumut pada sektor putri. Kategori PRB R4 diraih oleh Jawa Barat pada sektor putra dan Sumut pada sektor putri.

Dengan hasil seluruh perlombaan arung jeram, Sumut memimpin perolehan medali sementara dengan dua emas, dua perak, dan satu perunggu.

Saat ini Jawa Barat berada di posisi kedua dengan dua medali emas. Aceh kemudian finis ketiga dengan satu emas dan dua perak. Disusul DKI Jakarta dengan satu emas dan Jawa Timur dengan dua perak.

Pada hari Minggu, kompetisi H2H berlanjut di tempat yang sama pada pukul 10.00 WIB. Namun kali ini mereka akan bertanding di kategori R6.

Dimulai Selasa (17.09) bertempat di venue Sungai Mamas, perlombaan arung jeram dilanjutkan dengan nomor sprint R4 dan R6 putra.

Pada Rabu (18/9) akan dipertandingkan slalom R4 putra. Perlombaan dilanjutkan pada Kamis (19.09) pagi dengan nomor slalom R6 putra dan diakhiri dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours