Psikolog sarankan pakai aplikasi aman untuk kontrol gawai pada anak

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Direktur Pengurus Pusat Persatuan Psikologi Indonesia (PP HIMPSI) Anrilia E. M. Ningdyah, PH.D., seorang psikolog, menyarankan para orang tua untuk menggunakan perangkat lunak keselamatan untuk mengontrol penggunaan gawai anaknya.

“Banyak orang tua yang belum mengenal perangkat lunak atau mesin pencari yang ramah anak karena mereka biasa menggunakannya untuk orang dewasa ketika mereka memberikan layanan penitipan anak,” kata Anrilia dalam diskusi online yang dipimpin oleh “Ini adalah sesuatu yang perlu kita ubah,” kata the Badan Perencanaan Kependudukan Nasional. (BKKBN), bersama dengan Dinas Perlindungan Anak dan Pengelolaan Kependudukan (PPAPP) di Jakarta.

Misalnya untuk anak usia 0-12 tahun, kata Anrilia, mesin akses khusus yang lebih aman bukan Google, melainkan Kiddle. Kemudian, untuk jejaring sosial, orang tua bisa menggunakan program khusus untuk anak.

Anrilia mengatakan anak-anak juga dapat membuat konten mirip TikTok di aplikasi ramah anak seperti Zigazoo mulai usia lima tahun.

Orang tua juga dapat mencoba mencari alternatif jejaring sosial yang dapat digunakan anak untuk berinteraksi dibandingkan menggunakan jejaring sosial untuk usia 13 tahun ke atas, seperti Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

“Saya tidak mendukungnya. “Tapi yang jelas upaya kita sangat diperlukan untuk mencari ilmu baru bagi anak-anak,” kata Anrilia.

Menurut Anrilia, pendekatan seperti itu bisa menjadi solusi jika orang tua ingin mengenalkan perangkat tersebut kepada anaknya. Dengan cara ini, anak dapat mengikuti masa yang lebih aman untuk pertumbuhan fisik dan mentalnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours