Berseteru dengan Hakim Brasil, X dan Rekening Keuangan Starlink Elon Musk Diblokir

Estimated read time 2 min read

Jakarta – Brazil mulai melarang Elon Musk

X melewatkan tenggat waktu yang ditetapkan oleh Hakim Mahkamah Agung Alexander de Moras untuk menunjuk pengacara di Brasil, yang menyebabkan penangguhan tersebut. Langkah ini merupakan babak terbaru dari perseteruan yang sedang berlangsung antara Hakim Agung Brasil Alexandre de Moraes dan Elon Musk.

Tidak hanya X yang ditutup, namun hakim juga membekukan rekening keuangan penyedia jaringan satelit Starlink yang berbasis di Brasil.

Dalam keputusannya, de Moras memerintahkan pelarangan total dan segera terhadap X di negara tersebut sambil menunggu keputusan pengadilan yang relevan terhadap Brasil.

Demoras memerintahkan regulator telekomunikasi Anatel untuk menegakkan perintah penangguhan tersebut dan mengesahkannya ke pengadilan dalam waktu 24 jam.

Selain itu, de Moraes juga mengenakan denda kepada perusahaan yang menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) warga negara Brasil atau X. De Moraes mengatakan individu atau perusahaan yang mencoba mempertahankan akses ke jejaring sosial dapat didenda hingga 50.000 reais ($8.900) per hari.

X mengatakan pada Kamis malam bahwa pihaknya yakin hakim Mahkamah Agung akan memerintahkan perusahaan tersebut segera tutup setelah batas waktu yang diperintahkan pengadilan untuk mengidentifikasi perwakilan hukum di Brasil berakhir.

Seperti diketahui, kontroversi ini bermula ketika de Moraes memerintahkan pemblokiran beberapa akun yang terlibat dalam investigasi militan digital yang dituduh menyebarkan berita ofensif dan penuh kebencian.

Musk, yang mengecam perintah tersebut sebagai sensor, menanggapinya dengan menutup kantor platform tersebut di Brasil. X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengatakan pada saat itu bahwa layanan tersebut akan tetap ada di Brasil.

Di tengah kontroversi di baliknya

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours