Menteri ATR gandeng Bank Dunia untuk sukseskan program ILASP

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Presiden Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono bekerja sama dengan Bank Dunia untuk melaksanakan Proyek Pengelolaan dan Perencanaan Pertanahan ( ILASP) selesai.

Saya kira akan ada kesinambungan di banyak bidang (program ILASP). Presiden mendatang, khususnya proses reformasi pertanian, akan menjadi prioritas di kota dan daerah, kata Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, Jumat.

Perlu dilanjutkannya kerja sama antara pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian ATR/BPN, dan Bank Dunia. Sebab, selama ini kerja sama kedua pihak telah mencapai hasil yang signifikan dalam pendaftaran tanah di Indonesia. Menteri AHY pun memuji Bank Dunia atas pencapaian tersebut.

“Kami mengapresiasi Bank Dunia atas dukungannya dalam percepatan reformasi pertanian khususnya pendaftaran tanah, ini sukses besar. Dengan dukungan yang dilakukan Bank Dunia, keikutsertaan dalam peta oleh PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Penuh, red. ) sudah mencapai level yang sangat tinggi, sebuah pencapaian penting yaitu 8,8 juta hektar dari target brand 7 juta hektar,” kata AHY.

Melalui kerja sama yang akan diraih, AHY berharap proyek ILASP dapat berjalan efektif, termasuk capaian terkait Rencana Tata Ruang Komprehensif (RDTR) yang berdampak pada pertumbuhan dunia usaha dan perekonomian di Indonesia.

“Kami akan tingkatkan komunikasinya, kami ingin membuat rencana tata ruang (RDTR) yang lebih lengkap dan detail untuk memberikan kepercayaan kepada investor,” ujarnya.

Menteri AHY menerima tamu dari Bank Dunia untuk membahas rencana kerja sama pemerintah Indonesia dan Bank Dunia untuk menyukseskan Program Pengelolaan Lahan dan Tata Ruang Terpadu (ILASP).

Direktur Bank Dunia di Indonesia, Carolyn Turk, menyambut baik rencana kerja sama program ILASP. Terkait hal tersebut, ia mengaku masih dalam tahap negosiasi dengan Kementerian Keuangan terkait pinjaman yang akan digunakan untuk mensukseskan proyek ILASP. Namun diharapkan dapat mendukung pelayanan pertanahan dan penataan ruang demi kesejahteraan Indonesia.

“Ini merupakan peluang bagus bagi kami untuk lima tahun ke depan. Tim Anda termotivasi untuk proyek-proyek masa depan, dan saya berharap ILASP menjadi lebih baik lagi berkat kepemimpinan dan kerja sama Anda dan Bank Dunia,” kata Carolyn Turk.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours