Dirjen Kemlu Ethiopia Luncurkan Buku Tentang Dubes Indonesia Al Busyra Basnur

Estimated read time 2 min read

ADDIS ABABA – Duta Besar Negus Kebede Kassaw, Direktur Jenderal (Dirjen) yang membidangi Asia Timur Tengah dan Pasifik, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Ethiopia memulai buku tentang kegiatan diplomasi Duta Besar Al Busyra Basnur di Ethiopia.

Peluncuran buku diplomat Indonesia berlangsung pada Kamis malam (10/3/2024) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Addis Ababa.

Buku setebal 220 halaman yang ditulis oleh Say Say Salunigato ini berjudul “Dr. (H.C.) Al Busyra Basnur, Terinspirasi Duta Jurnalis dan Penulis hingga Diplomat.

Sisay adalah jurnalis senior Ethiopia yang bekerja untuk The Reporter, sebuah pusat media terkemuka di Ethiopia.

Buku ini memuat banyak kegiatan strategis dan nilai-nilai diplomasi baru yang dikembangkan Duta Besar Al Busyra dalam menjalankan tugasnya di Ethiopia.

Buku tersebut juga memuat kesaksian para pejabat senior pemerintah Ethiopia, diplomat, akademisi, pengusaha, pemuda dan jurnalis tentang Duta Besar Al Busyra.

Dalam buku ini, penulis juga membahas tentang kemampuan Dubes Al Busyra dalam menjalankan diplomasi publik dan meningkatkan “people-to-people contact”, dengan memanfaatkan latar belakangnya sebagai jurnalis dan penulis sebelum menjabat sebagai diplomat.

Peluncuran buku tersebut dihadiri sekitar 40 duta besar asing di Addis Ababa, serta sekitar 250 tamu lainnya. Upacara tersebut bertepatan dengan resepsi diplomatik dari KBRI Addis Ababa.

Dubes Negus Kebede menilai buku tersebut penting sebagai referensi dan sumber inspirasi bagi peningkatan hubungan antar bangsa dan negara, khususnya Indonesia dan Ethiopia.

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dubes Al Busyra Basnur atas kegiatan diplomasinya dalam meningkatkan hubungan Ethiopia dengan Indonesia, serta atas penulisan dan penerbitan buku yang menjadi bagian penting dalam promosi,” kata Negus.

Sementara Sisay Sahlu mengatakan, niatnya menulis buku tersebut karena melihat strategi diplomasi dan nilai-nilai baru yang dikembangkan Dubes Al Busyra yang belum pernah ia lihat sebelumnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours