Bendera Olimpiade tiba di Los Angeles yang bersiap untuk 2028

Estimated read time 4 min read

Jakarta dlbrw.com – Bendera Olimpiade tiba di Los Angeles pada Senin (12/8) waktu setempat atau Selasa waktu setempat untuk memulai tekanan kepada pejabat setempat agar menjadi tuan rumah Olimpiade empat tahun ke depan.

Walikota Los Angeles Karen Bass turun dari pesawat berhiaskan pohon palem dan logo “LA 2028” dan melintasi landasan pacu dengan bendera lima cincin, ditemani beberapa atlet Amerika.

“Kami merasakan tekanan untuk memastikan kota dan wilayah kami dalam keadaan baik dan siap,” kata Bass, seperti dilansir AFP, Selasa.

“Sekarang kami memiliki bendera Olimpiade. Hal ini berada di luar kemampuan kita. Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan di Los Angeles.”

Potensi masalah lainnya muncul beberapa menit sebelum pesawat mendarat ketika gempa berkekuatan 4,6 skala Richter melanda Los Angeles.

Bass mengatakan persiapan menghadapi potensi tantangan seperti gempa bumi adalah kunci dalam mengembangkan rencana infrastruktur.

“Tetapi sekarang kita juga menghadapi kejadian cuaca yang tidak pernah kita duga akan berdampak pada wilayah kita, jadi kita harus bersiap,” kata Bass. Sekelompok atlet dan ofisial beserta tamu undangan menghadiri upacara penutupan Olimpiade Paris 2024 di Stade de France di Paris, Prancis, Minggu (11/8/2024). Pada Olimpiade Paris 2024, Indonesia berada di peringkat ke-39 dengan perolehan 2 medali emas dan 1 perunggu, dan Olimpiade selanjutnya akan digelar di Los Angeles, AS pada tahun 2028. (ANTARA FOTO / Wahyu Putro A./foc.) Namun kendala terbesarnya adalah transportasi.

Saat berada di Paris untuk upacara penutupan akhir pekan lalu, Bass mengumumkan rencana Los Angeles untuk menjadi tuan rumah “Olimpiade bebas mobil”.

Di kota yang sebagian besar penduduknya memiliki mobil pribadi, dimana jalan raya melintasi kota dan kemacetan lalu lintas merupakan kejadian sehari-hari yang tidak bisa dihindari, janji ini sangatlah ambisius.

“Saya ragu kita akan bisa mencapainya, tapi saya tahu kita akan mencobanya,” kata profesor teknik USC James Moore.

Berikutnya: Panggilan transportasi Panggilan transportasi

Los Angeles memiliki jaringan kereta bawah tanah, namun hanya memiliki lima setengah jalur dan pelayanan yang buruk, sehingga jaringan transportasi tidak mampu menampung 10 juta penduduk.

Pihak berwenang berencana untuk menarik 3.000 bus yang dipinjam dari seluruh negeri dan membuat rute khusus mereka sendiri.

Angkutan umum akan diprioritaskan dibandingkan mobil pribadi, yang juga tidak akan dibatasi.

Tidak semua venue Olimpiade diharapkan memiliki tempat parkir. American Airlines Airbus A321-200 lepas landas dari Bandara Internasional Los Angeles (LAX) di Los Angeles, California, AS, Rabu (28 Maret 2018). ANTARA/REUTERS/Mike Blake/Am. Terakhir kali Los Angeles menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 1984, banyak warga yang meninggalkan kota untuk menghindari kemacetan.

“Jika kita melihat penduduk mengikuti rencana yang sama pada tahun 2028 dan pada dasarnya pindah ke luar kota selama beberapa hari, itu akan memberikan cukup ruang bagi kita untuk mengangkut semua orang dengan bus,” kata Moore.

Bandara utama Los Angeles, yang terkenal dengan masalah aksesibilitasnya, akan terhubung ke jaringan kereta bawah tanah.

Pesawat ulang-alik otomatis yang telah lama dikerjakan ini akan dibuka pada tahun 2026 ketika Los Angeles menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia pertamanya.

Berikutnya: Hollywood dan tunawisma Hollywood dan tunawisma

Los Angeles sangat bergantung pada reputasinya sebagai ibu kota film dan hiburan dunia.

Sebagai bagian dari “pengabdian” upacara penutupan Olimpiade Paris, Tom Cruise mengibarkan bendera Olimpiade di Los Angeles dekat papan nama terkenal Hollywood, yang kemudian dihiasi dengan logo Olimpiade.

Los Angeles juga merupakan ibu kota olahraga Amerika dengan banyak tim besar dan stadion berkualitas tinggi.

“Apa yang hilang dari DNA kita? Kami kreatif, kami adalah aktor. Kami punya olahraga, kami punya keberagaman. Ini Los Angeles,” kata CEO Panitia Penyelenggara LA 2028 Reynolds Hoover.

Namun di balik kemewahan Hollywood, Los Angeles menghadapi masalah tunawisma yang serius. Sekitar 75.000 orang kehilangan tempat tinggal di kota ini, dimana harga rumah sangat tinggi. Tenda dan terpal terlihat di pinggir jalan bebas hambatan tempat tinggal para tunawisma di jalanan Los Angeles, California, AS, Rabu (22 Januari 2020).REUTERS/Mike Blake/wsj/cfo (REUTERS/MIKE BLAKE) Sejak tiba di Balai Kota, Bass yakin, isu ini sudah relevan sejak lama. Sistem perlindungan saat ini menunjukkan tanda-tanda kemajuan.

Pada tahun 2024, untuk pertama kalinya dalam enam tahun, jumlah tunawisma sedikit menurun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours