Ladang Minyak Jadi Sarang Zombie, AS Telan Kerugian Rp4.359 Triliun

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Perekonomian Amerika Serikat (AS) yang berasal dari minyak dan gas tumbuh pesat meski jumlah pekerjanya lebih sedikit pada tahun 2024. Tahun ini saja, Amerika Serikat telah memproduksi minyak dalam jumlah besar hingga mencapai 13,2 juta barel per hari (bpd). ), peningkatan. sebesar 2,4% dari 12,9 juta barel per hari pada tahun lalu.

Peningkatan ini mendorong perekonomian AS dan membantu mencapai produk domestik bruto (PDB) yang lebih tinggi. Meskipun dia berada di sisi baiknya, sisi baiknya adalah sisi gelapnya, yang tidak bisa diabaikan oleh Amerika.

Industri minyak menyumbang pendapatan miliaran dolar bagi perekonomian AS, namun juga menimbulkan kerugian sebesar USD 280 miliar atau Rp 4,359 triliun. Pada tahun 2024, ribuan sumur minyak terbengkalai tersebar di negara bagian Texas yang luas.

Ladang minyak terbengkalai yang biasa disebut dengan “sumur zombie” menimbulkan ancaman lingkungan yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Sumur minyak telah ditinggalkan selama bertahun-tahun karena berkurangnya tenaga kerja di sektor ini. Hal ini menyebabkan kerugian bagi pemilik yang memaksa mereka untuk menutup.

Laporan terbaru dari departemen AS menunjukkan bahwa $280 miliar harus dialokasikan untuk membersihkan sumur minyak yang terbengkalai, meskipun sektor minyak menghasilkan pajak miliaran, sehingga menambah kerugian besar bagi perekonomian Amerika.

“Lokasi polusi yang ditinggalkan ini merupakan bahaya bagi lingkungan,” kata Departemen Urusan Lingkungan AS, Senin (19/8/2024), seperti dikutip WatcherGuru.

“Mereka membahayakan kesehatan dan keselamatan masyarakat dengan mencemari air tanah, melepaskan gas berbahaya seperti metana, mengotori lanskap dengan peralatan yang berkarat dan berbahaya, menciptakan risiko banjir dan lubang runtuhan, serta membahayakan satwa liar.”

Reuters melaporkan bahwa dalam dua tahun terakhir, semakin banyak sumur terbengkalai yang mulai menyebarkan atau bahkan memuntahkan air panas seperti geyser, membentuk danau yang berisi garam dan bahan kimia, atau menyebabkan lubang runtuhan. Dengan demikian, industri minyak AS berkontribusi, namun juga mengikis, perekonomian.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours