Malaysia desak AS pastikan Resolusi 2735 dipatuhi Israel 

Estimated read time 2 min read

Kuala Lumpur dlbrw.com – Malaysia mendesak Amerika Serikat (AS) menggunakan pengaruhnya untuk memastikan implementasi segera Israel dan kepatuhan terhadap resolusi 2735 Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Malaysia mengapresiasi pentingnya peran AS terkait resolusi DK PBB 2735 terkait penyelesaian konflik Palestina-Israel. Sementara itu, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dalam pernyataan di akun resminya X, Jumat, mendesak AS menggunakan pengaruhnya untuk memastikan resolusi tersebut segera dilaksanakan dan mengikuti Israel.

Acuan tersebut disampaikan saat memimpin delegasi Malaysia menemui Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di sela-sela KTT ASEAN ke-44 dan ke-45 di Vientiane, Laos.

Resolusi 2735 menguraikan rencana tiga langkah AS yang bersifat segera, permanen dan efektif, yaitu pembebasan sandera, pertukaran tahanan Palestina, dan penarikan penuh pasukan Israel dari Gaza. Selain itu, pengiriman bantuan kemanusiaan yang segera dan tidak terputus, serta rekonstruksi Gaza.

Dalam beberapa pertemuan lainnya di Laos, Anwar juga mengatakan bahwa dirinya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengangkat isu krisis kemanusiaan di Palestina dan konflik di Myanmar. Salah satunya adalah KTT ASEAN-India ke-21 yang dihadiri Perdana Menteri India Narendra Modi, serta KTT ASEAN Plus 3 (APT) dengan Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

Menurut Anwar, pertemuan selama 40 menit dengan Blinken juga digunakan untuk bertukar pandangan mengenai kawasan dan negara internasional yang mempengaruhi kepentingan Malaysia dan AS.

Hal ini juga mencakup kerja sama ekonomi antara kedua negara mulai dari mitra bisnis dan investasi di banyak sektor teknologi tinggi, seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Google, Microsoft, Enovix Corporation, Amazon Web Services, Homes – pekerjaan yang telah dilakukan Abbott dan Boeing, yang menghasilkan total berjumlah 14,7 miliar. dolar AS atau sekitar Rp 229,49 triliun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours