Peneliti Ungkap Daftar Hewan yang Mungkin Jadi Asal-Usul Covid-19 di Wuhan China

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Analisis genetik baru berhasil mengidentifikasi hewan yang mungkin menjadi mediator penyebaran Covid-19 ke manusia di distrik Huanan, Wuhan, China, tempat virus corona diyakini berasal. Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cell, para peneliti menganalisis data genetik lebih dari 800 sampel yang dikumpulkan oleh otoritas Tiongkok di sekitar pasar grosir makanan laut Huanan sejak 1 Januari 2020.

Meski data ini telah dipublikasikan sebelumnya, namun identifikasi spesies hewan yang paling mungkin tertular Covid-10 belum dilakukan secara rinci. “Sampel ini mungkin merupakan data besar terakhir dari pasar ini. Ini seperti menyelesaikan potongan terakhir dari sebuah teka-teki dimana kejelasan gambarannya menjadi jelas,” kata Michael Woroby, salah satu penulis makalah di Universitas Arizona, pada hari Minggu (22 September 2024).

Analisis terbaru ini menunjukkan bahwa rakun merupakan spesies hewan yang paling umum ditemukan di toko hewan peliharaan yang diambil pada 12 Januari, dengan jumlah sampel positif SARS-CoV-2 tertinggi. Selain itu, para peneliti menemukan DNA buluh dan tikus bambu yang positif HIV dalam sampel lingkungan.

Meski banyak hewan yang dibunuh sebelum tim Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tiba, para peneliti masih menemukan jejak DNA dan RNA hewan dalam sampel lingkungan. Florence Debarre, salah satu penulis Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Perancis, mengatakan temuan ini sesuai dengan skenario hewan yang terinfeksi di pasar.

“Studi ini mendukung kemungkinan bahwa Covid-19 berasal dari hewan, namun tidak menyelesaikan perdebatan apakah virus tersebut muncul dari laboratorium penelitian,” kata DeBarre.

Menurut Mark Vollhos, seorang profesor penyakit menular di Universitas Edinburgh di Inggris, analisis ini menunjukkan bahwa asal muasal flu berasal dari pasar, sehingga kecil kemungkinan virus tersebut dapat menginfeksi manusia sebelum menyebar di Huanan. Pasar. “Ini adalah penemuan penting yang menggeser tren ke sumber hewani. Tidak ada keraguan bahwa Covid-19 menyebar di pasar yang penuh dengan semua jenis hewan,” kata Volhos, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Tapi ini bukan kesimpulan yang pasti. Pertanyaannya adalah bagaimana virus itu bisa sampai ke sana.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours