Andreeva/Shnaider atlet Rusia pertama peroleh medali Olimpiade Paris

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Mirra Andreeva dan Diana Schneider menjadi atlet Rusia pertama yang meraih medali di Olimpiade Paris 2024 setelah meraih medali perak di nomor ganda putri.

Bermain di posisi unik yakni tidak mewakili negaranya, kedua petenis itu kalah tiga set dari tim Italia Sara Errani/Jasmine Paolini di final.

Atlet Rusia dan Belarusia dilarang berpartisipasi dalam acara olahraga internasional, termasuk Olimpiade, sejak mereka menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Namun IOC mengizinkan mereka untuk berdiri di bawah bendera independen jika atlet tersebut memenuhi persyaratan ketat.

Di Paris, hanya 15 atlet Rusia dan 17 atlet Belarusia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024.

“Bukan masalah bagi saya,” kata Andreeva saat ditanya soal bersaing di klasemen bebas.

“Saya ingin turun ke lapangan untuk bermain dan bertarung. Itu yang kami lakukan bersama minggu ini,” lanjutnya seperti dilansir AFP.

Schneider menolak membahas pelarangan bendera Rusia dan lagu kebangsaan Rusia di Olimpiade Paris.

“Saya tidak ingin menjawab pertanyaan tentang politik, saya di sini untuk berbicara tentang tenis,” ujarnya dalam konferensi pers.

Organisasi olahraga internasional dan IOC telah mengonfirmasi bahwa atlet Rusia dan Belarusia yang berpartisipasi di Olimpiade Paris tidak terlalu mendukung perang di Ukraina atau memiliki hubungan keluarga dengan tentara negaranya.

Waktu setempat, Andreeva yang berusia 17 tahun dan Schneider yang berusia 20 tahun kalah 6-2, 6-1, 10-7 dari dua petenis putri Italia yang lebih berpengalaman di final pada Minggu malam.

Sebelumnya, mereka menyingkirkan juara bertahan dan unggulan kedua Barbora Krejcikova/Katerina Siniakova di perempat final.

Andreeva dan Schneider termasuk di antara 25 pemain tenis wanita teratas di nomor tunggal.

Tahun ini, Andreeva menjadi wanita termuda yang mencapai semifinal Prancis Terbuka sejak 1997.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours