Ranking FIFA Timnas Indonesia Merosot usai Dikalahkan Irak

Estimated read time 2 min read

Peringkat FIFA timnas Indonesia turun satu tingkat usai kalah 0-2 dari Irak pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Berdasarkan Footy Ranking, peringkat Indonesia saat ini yang berada di peringkat 134 akan turun menjadi 135 setelah kekalahan melawan Irak. Pengumuman resmi mengenai daftar peringkat FIFA belum dipublikasikan karena akan diperbarui pada 20/06/2024.

Kekalahan Indonesia dari Irak memang penuh drama, apalagi setelah bek utama Indonesia, Jordi Amat, mendapat kartu merah dan handball dari Justin Hubner yang berujung penalti bagi Irak.

Indonesia mengawali laga dengan suasana hati yang baik, mengandalkan Rafael Struick di lini serang yang didukung Marcelino Ferdinand dan Ragnar Oratmangoen. Di babak pertama, Timnas Indonesia berkali-kali mengancam gawang Irak. Salah satu peluang emas hadir pada menit ke-11 saat umpan silang Marcelino Ferdinand dari kanan nyaris disambut Rafael Struick, namun sayang tak membuahkan gol.

Di babak kedua, permainan menyerang Indonesia terus berlanjut. Namun bencana menyusul pada menit ke-52 ketika Justin Hubner memainkan tangannya di area penalti. Aymen Hussien yang dipercaya sebagai algojo berhasil mengecoh kiper Hernand Ari sehingga membuat Irak unggul 1-0.

Tujuh menit berselang situasi bertambah buruk bagi Indonesia ketika Jordi Amat mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran terhadap Ali Jasim. Tak lama kemudian, Irak kembali mendapat hadiah penalti atas pelanggaran terhadap Hernando Arri, namun kali ini Hussien gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Meski bermain dengan 10 orang, Indonesia nyaris menyamakan skor. Umpan panjang Hernand Arri membuat Ragnar Oratmangoen berhadapan satu lawan satu dengan kiper Irak Jalal Hassan, namun sayang usahanya bisa digagalkan Hassan.

Irak mengamankan kemenangan pada menit ke-87 setelah Hernando Ari melakukan kesalahan yang dimanfaatkan Ali Jasim untuk menjadi gol kedua. Skor 2-0 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Kekalahan itu tak hanya memperkecil peluang Indonesia untuk melaju ke babak selanjutnya, tapi juga berdampak langsung pada peringkat FIFA timnas Indonesia yang merosot.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours