Presiden syukuri ekonomi RI terjaga di atas 5 persen setelah COVID-19

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersyukur perekonomian Indonesia terus tumbuh dan bertahan di atas 5 persen karena mampu pulih lebih cepat dari pandemi COVID-19, perubahan iklim, dan pemanasan. Kondisi geopolitik.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rapat Tahunan MPR RI Tahun 2024 dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat.

Kita patut bersyukur, Alhamdulillah, Indonesia termasuk sedikit negara yang bisa pulih lebih cepat bahkan terus tumbuh. Pertumbuhan ekonomi kita tetap terjaga di atas 5 persen, kata Presiden Jokowi dalam siaran langsung DPR. Akun YouTube RI seperti terlihat di Jakarta, Jumat.

Presiden mengatakan, di saat banyak negara di dunia gagal menumbuhkan perekonomiannya bahkan melambat, Indonesia tetap menjaga pertumbuhan ekonomi stabil di atas 5 persen.

Presiden mencatat, pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Indonesia seperti Papua dan Maluku sebenarnya mampu tumbuh lebih dari 6 persen, sedangkan Maluku Utara tumbuh lebih dari 20 persen.

Selain itu, inflasi juga terkendali pada kisaran 2-3 persen, sementara banyak negara mengalami pertumbuhan luar biasa, bahkan ada yang melebihi 200 persen.

Angka kemiskinan ekstrem bisa turun dari sebelumnya 6,1 persen menjadi 0,8 persen pada tahun 2024, kata Presiden.

Angka kejadian tenkes atau anak stunting juga mengalami penurunan dari sebelumnya 37,2 persen menjadi 21,5 persen pada tahun 2023.

Kita juga bisa menurunkan angka pengangguran dari sebelumnya 5,7 persen menjadi 4,8 persen pada tahun 2024,” kata Presiden.

Sidang Tahunan 2024 yang bertemakan “Nusantara Baru, Indonesia Maju” ini terdiri atas Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI serta Sidang Paripurna yang menjadi pembuka Sidang DPR pertama tahun 2024-2025. tahun sesi.

Usai Rapat Tahunan dan Sidang Bersama MPR, acara dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB Sidang Paripurna DPR RI RAPBN 2025.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours