Gol spektakuler Arda Guler bantu Turki menang 3-1 atas Georgia

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Arda Guler mencetak gol impresif saat membantu Turki meraih kemenangan 3-1 atas Georgia pada laga pembuka Grup F Piala Eropa (Euro) 2024 di Signal Iduna Park Dortmund, Selasa malam WIB (18/6 ) .

Turkiye membuka keunggulan lewat gol Mert Muldur, sebelum Georges Mikautadze menyamakan kedudukan di babak pertama.

Türkiye kemudian berhasil mencetak dua gol lagi di babak kedua berkat Arda Güler dan Kerem Aktürkoglu. Dengan kemenangan ini, tim berjuluk The Cresent-Star menduduki puncak klasemen Grup F dengan tiga poin.

Klasemen grup masih bisa berubah karena pertandingan kedua Grup F antara Portugal dan Republik Ceko baru dimulai pukul 02:00 pada Rabu pagi. Baca juga: Mbappe mengalami patah hidung. Baca juga: Kapten Austria: Match play. Türkiye berhasil memimpin melalui Mert Muldur pada menit ke-25. Muldur melepaskan tendangan voli memanfaatkan bola rebound hasil sundulan Lasha Dvali yang berusaha membuang bola. Tendangan Muldur mengarah ke pojok kiri gawang Georgia, namun tak mampu dijangkau kiper Giorgi Mamardashvili. Türkiye memimpin dengan skor 1-0. Semenit kemudian, Barış Yılmaz sukses menggandakan keunggulan Türkiye. Namun gol tersebut dianulir karena Yilmaz dinyatakan offside berdasarkan VAR.

Georgia mampu bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-32 berkat gol Georges Mikautadze. Gol tersebut dicetak oleh Giorgi Kochorashvili di sayap kiri pertahanan Turki. Ia kemudian melakukan umpan rendah yang diakhiri dengan tendangan Mikautadze yang membentur tiang dekat. Babak pertama berakhir dengan skor 1:1. Kedua tim terus memainkan sepak bola menyerang di babak kedua.

Pada menit ke-57, Hakan Calhanoglu menciptakan ancaman melalui tendangan bebas. Tendangan gelandang Inter Milan itu tepat sasaran, namun diblok dengan satu tangan oleh Mamardashvili. Türkiye akhirnya mampu kembali memimpin pada menit ke-65 berkat pemain muda sensasional mereka Arda Güler. Pemain Real Madrid itu mencetak gol melalui tendangan kaki kiri jarak jauh. Gol tersebut merupakan hasil keberhasilan Turkiye mencegat bola dari pertahanan Georgia. Kaan Ayhan menerima bola dan mengopernya kepada Arda Guler yang langsung melepaskan tembakan jarak jauh ke pojok kanan gawang Georgia. Skor menjadi 2-1. Gol tersebut juga menjadikannya pemain muda pertama yang mencetak gol pada debutnya di Uni Eropa sejak Cristiano Ronaldo pada tahun 2004.

Georgia nyaris mencetak gol pada menit ke-70. Transfer 1:2 berakhir dengan Kochorashvili membentur gawang, namun bola membentur mistar gawang. Saling menyerang terus terjadi antara kedua tim. Baik Türkiye maupun Georgia pun melakukan sejumlah perubahan sebagai upaya menambah tenaga atau mengubah alur permainan. Pada menit ke-87, Türkie nyaris mencetak gol ketiga berkat kerja sama para pemain pengganti. Jabatan Zeki Celik dipimpin oleh Yusuf Yazici. Sayangnya, Mamardashvili masih bisa menyangkal hal tersebut. Dalam perpanjangan waktu, kiper Georgia Mamardashvili maju beberapa kali dan mencetak gol, menghasilkan gol ketiga Turki. Pada akhirnya, Mert Gunok mampu menceploskan bola dari sudut, memberikan peluang bagi Türkie untuk melakukan serangan balik. Kerem Akturkoglu yang menerima bola langsung berlari cepat menuju garis pertahanan Georgia.

Akturkoglu yang baru masuk pada menit ke-85 tak mampu mengejar ketertinggalan para pemain Georgia. Lalu dia mengirim bola ke gawang yang kosong.

Pertandingan diakhiri dengan kemenangan Turki atas Georgia dengan skor 3:1. Susunan Pemain Turki (4-2-3-1): Mert Gunok; Mert Muldur (Zeki Celik, 85), Samet Akaidin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu; Kaan Ayhan (Merih Demiral, 79), Hakan Calhanoglu; Arda Guler (Yusuf Yazici, 79), Orkun Kokcu, Kenan Yildiz (Kerem Akturkoglu, 85); Jalur Yilmaz

Georgia (3-5-2): Giorgi Mamardashvili; Saba Kverkvelia (Budu Zivzivadze 85), Guram Kashia, Lasha Dvali; Otar Kakabadze, Giorgi Kochorashvili, Anzor Mekvabishvili (Sandro Altunashvili 89), Giorgi Chakvetadze (Zuriko Davitashvili 74), Giorgi Tsitaishvili (Luka Lochoshvili 74); Georges Mikautadze, Khvicha Kvaratskhelia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours