Siapa Nakhoda Baru UNS? Ini 3 Calon Rektor Periode 2024-2029

Estimated read time 2 min read

SOLO – Inilah 3 calon Rektor PBB 2024-2029 yang patut diketahui masyarakat pemilih. Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah menetapkan tiga calon Rektor masa jabatan 2024-2029 melalui rapat pleno MWA pada Selasa (09/07/2024). Artikel kali ini tentang 3 Calon Rektor PBB 2024-2029, Simak!

3 Calon Rektor UNS Surakarta 2024-2029

1. Prof. Hartono dari Fakultas Kedokteran UNS

2. Prof. Fitria Rahmawati dari Fakultas MIPA UNS

3. Prof. Muhtar dari Sekolah Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS

Presiden MWA UNS Prof. Muliaman Darmansyah Hadad mengatakan MWA juga mempertimbangkan masukan warga kampus UNS dalam pemilihan calon rektor yang prosesnya dimulai pada 25 Juni hingga 2 Juli 2024.

Selain itu, MWA juga meninjau materi kerja peserta forum uji publik calon Rektor yang dilaksanakan pada 2 Juli 2024. Setelah selesainya tahapan tersebut, Prof. Muliaman MWA memimpin pembahasan dan tidak mencapai kesepakatan dalam pemilihan tiga nama calon rektor.

Bahwa pemungutan suara dilakukan secara tertulis, langsung, bebas dan rahasia melalui sidang paripurna. “Setiap anggota MWA memilih dengan melingkari nomor urut calon rektor sebanyak-banyaknya 3 orang dan anggota MWA termasuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai hak suara yang sama,” kata eks presiden tersebut. Kantor Jasa Keuangan (OJK), seperti dilansir dari laman resmi UNS, Kamis (11/7/2024).

Saat ini, calon Rektor harus menyampaikan surat pernyataan pengunduran diri dari jabatannya di MWA melalui Panitia Pemilihan Rektor (PPR) paling lambat tanggal 11 Juli 2024. Apabila tidak menyampaikan surat pengunduran diri, maka masing-masing calon Rektor akan tercatat mengundurkan diri.

Seleksi tahap selanjutnya

Setelah calon rektor ditetapkan, tahap selanjutnya adalah melakukan pemilihan rektor sekaligus penetapan rektor terpilih melalui rapat pleno MWA pada 18 Juli 2024.

Pleno MWA akan mengundang Rektor yang ditunjuk untuk terlebih dahulu menjelaskan visi, misi dan program kerja kepada MWA, dilanjutkan dengan diskusi mendalam melalui tanya jawab.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, pengambilan sumpah dan pelantikan rektor terpilih akan dilakukan pada 8 Agustus 2024.

“MWA berharap seluruh tahapan pemilihan rektor dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang mampu membawa UNS lebih maju dari harapan kita semua,” pungkas guru besar tersebut. Muliaman.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours