Pelindo meriahkan HUT RI dengan serangkaian program sosial-lingkungan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo tengah melaksanakan serangkaian program sosial dan lingkungan hidup dalam rangka HUT ke-79 Republik Indonesia (RI).

“Sebagai perusahaan bisnis yang kegiatan utamanya adalah pengelolaan pelabuhan, Belindo selalu berkomitmen untuk tidak hanya menjadi mesin penggerak perekonomian nasional, tetapi juga menjadi perusahaan yang membawa perubahan positif bagi lingkungan dan masyarakat,” ujar Presiden dan Direktur Belindo. Arif Suhartono, dalam keterangannya. Laporan Jumat di Jakarta.

Salah satu kegiatan utamanya adalah Bazar Usaha Kecil Menengah (UKM) yang digelar serentak pada Jumat ini di empat kota besar yakni Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar. Di setiap lokasi, bazar tersebut melibatkan puluhan UKM lokal dan UKM binaan Belinto.

Selain bazar, Belindo juga menggelar kunjungan ke pelabuhan pada Jumat ini yang diikuti 400 siswa sekolah dasar (SD) dari empat kota. Program ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada dunia pelabuhan dan peran BUMN dalam perekonomian nasional.

Sebelumnya, Belindo memberikan edukasi berkendara aman dan layanan sepeda motor gratis dalam upaya mendukung keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di kawasan sekitar pelabuhan.

Sebanyak 316 pengemudi atau 79 per kota mengikuti acara di empat kota besar ojek online, ojek dasar, dan ojek koperasi. Pengemudi mendapatkan voucher light duty senilai Rp 300.000 yang dapat digunakan di setiap kantor wilayah dan bengkel yang ditunjuk oleh Subholding Belinto.

Sementara itu, Ketua Tim Sekretariat Perusahaan Belinto Ardhi Wahu Basuki menjelaskan, dalam inisiatif edukasi ini setiap peserta diminta menandatangani perjanjian komitmen tertib transportasi yang akan dipasang di ruang-ruang publik di kawasan pelabuhan.

Tingkat pemahaman kemudian diukur menggunakan pre-test dan post-test untuk memastikan peserta memahami keselamatan berkendara.

Namun pada HUT ke-79 RI yang diikuti Arti, Belinto menanam 7.900 pohon di berbagai wilayah Indonesia yang mencakup seluruh kantor wilayah dan cabang. Penanaman pohon juga merupakan bagian dari upaya Belindo untuk mengurangi emisi karbon dan melindungi kawasan sekitar pelabuhan dengan jalur hijau.

Kompetisi perencanaan lingkungan sekitar pelabuhan diadakan di Medan, Jakarta, Surabaya dan Makassar dengan tema Kemerdekaan dan Pelabuhan.

Proyek tersebut meliputi revitalisasi dan percantik lingkungan warga, dengan subsidi sebesar Rp5.000.000 per kawasan yang diselenggarakan oleh masing-masing daerah. Dua pemenang di masing-masing wilayah mendapatkan tambahan hibah sebesar Rp 25.000.000 atau total Rp 200.000.000 di empat kota untuk mempercantik lingkungan sekitar.

“Melalui berbagai acara sosial ini, kami merayakan semangat kebebasan yang tidak hanya diwujudkan dalam perayaan tetapi juga dalam tindakan nyata yang berdampak pada masyarakat dan lingkungan,” kata Aarti.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours