Rusia siap kerja sama dengan RI kembangkan nuklir sebagai energi

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Sergey Tolchenov mengatakan Federasi Rusia siap bekerja sama dengan Indonesia dalam penggunaan energi nuklir sebagai sumber energi secara damai di Indonesia.

“Kami tinggal menunggu pihak Indonesia menentukan apa yang diinginkannya dan bagaimana melanjutkan kerja sama kedua belah pihak,” kata Dubes Tolchenov dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Dubes Tolchenov menyampaikan telah terjadi pembicaraan mengenai kerja sama pemanfaatan energi nuklir sebagai sumber energi antara Indonesia dan Rusia.

Ia mengatakan, isu kerja sama energi sudah dibicarakan sejak ia bertugas di Indonesia 16 tahun lalu.

“Bahkan saat itu para menteri dan lembaga yang terlibat di Indonesia sangat antusias dengan pemasangan yang kami sebut Reaktor Modular Kecil ini,” kata Dubes Tolchenov.

Ia menambahkan, Menteri Perekonomian Indonesia Erlanga Hartarto membahas kerja sama ini dengan ROSATOM, perusahaan energi atom Rusia, saat Erlanga mengunjungi Moskow pada Juni lalu.

Kami sangat menantikan harapan dan hasil kerja sama yang baik di bidang ini,” kata Tolchenov.

ROSATOM adalah perusahaan energi atom milik negara Federasi Rusia dengan strategi mengembangkan produksi rendah karbon, termasuk energi angin.

Perusahaan ini memiliki semua teknologi siklus bahan bakar nuklir, mulai dari penambangan uranium hingga siklus hidup fasilitas nuklir.

Kegiatan perusahaan juga mencakup produksi produk non-nuklir, pengobatan nuklir, digitalisasi dan pengembangan perangkat lunak, perangkat lunak dan pengembangan Rute Laut Utara.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours