UGM Trail Run 2024 Digelar di Lereng Merapi, Usung Tema Run Edu Care

Estimated read time 2 min read

Yogyakarta – Pengurus Pusat Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) kembali menyelenggarakan acara UGM Trail Run 2024 ‘Run Edu Care’ di lereng Gunung Merapi, Karang Pramuka, Kaliurang. Sleman.

Ajang lari ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh komunitas Kagama Larry to Share (KLUB) yang bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada. Acara ini sekaligus dalam rangka Dies Natalis UGM ke-75.

Ketua Panitia UGM Trail Run 2024 Budhi Rayano mengatakan, kegiatan bertema Run Edu Care ini juga akan mengedukasi Gunung Merapi sebagai gunung berapi teraktif di dunia.

“Bagi masyarakat Yogyakarta, Gunung Merapi merupakan simbol bagaimana manusia bisa hidup berdampingan dengan gunung berapi yang masih aktif. Kami ingin sampaikan, ketika ada risiko bencana, kita harus meminimalisirnya,” ujarnya dalam jumpa pers, Rabu (28). /08/2024).

Lebih lanjut dikatakannya, sejalan dengan tema tersebut, tujuan utama UGM Trail Run adalah mengajak para alumni untuk berbagi kebaikan. Hasil dari kegiatan ini akan digunakan untuk beasiswa pendidikan.

Kegiatan inti ini mengajak Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) untuk memberikan edukasi pelestarian ekosistem lingkungan Gunung Merapi.

“Kami sangat bersemangat menyambut para pelari dari seluruh dunia untuk menikmati pengalaman unik berlari sambil menikmati keindahan alam Gunung Merapi dan hangatnya keramahtamahan Yogyakarta,” ujarnya.

Kata Budhi, jaraknya 7.000, 15.000, 25.000 dan paling jauh 50.000. Ia yakin peserta bisa mendapatkan pengalaman baru dalam berinteraksi dengan alam dan lingkungan.

Namun kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 6 Oktober 2024. Pada ajang ini panitia membatasi jumlah peserta maksimal 2.000 pelari.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours