Timnas Indonesia Juara 3 Piala AFF U-16 2024, Mental Pemain Kembali Bangkit

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Timnas U16 Indonesia berhasil meraih juara ketiga Piala AFF U16 2024 usai mengalahkan Vietnam 5-0 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu sore (7/3/ 2024).

Pada laga kali ini, Garuda Muda bangkit setelah menderita kekalahan dramatis 3-5 melawan Australia. Timnas U-16 Indonesia saat itu hanya bermain dengan 10 pemain, namun mampu mengimbangi permainan lawan.

Usai pertandingan, mental pasukan Garuda Muda ambruk. Banyak yang menangis karena tak lolos ke final.

Namun motivasi para pelatih, termasuk Erick Thohir, membuat mereka bisa bangkit dan mengalahkan timnas Vietnam 5-0.

“Ini menjadi pembelajaran yang baik bagi para pemain karena kami sedang mempersiapkan pemain untuk kualifikasi AFC. Kunjungan Anda ke AFF bisa menjadi pengalaman yang baik,” kata Nova Arianto.

Pada laga tersebut, Nova Arianti beberapa kali melakukan pergantian pemain. Dafa Setiawarman mendapat kepercayaan berdasarkan aturan ini. Dafa Zaidan Lucas Lee, Fandi Ahmad dan Andi Faith juga bermain sejak awal.

Indonesia dan Vietnam masih menemui jalan buntu setelah setengah jam bermain. Garuda Muda baru mendapat peluang melalui tendangan bebas pada menit ke-36. Cederanya bek Vietnam Fabio Azka Irawan berujung pada tendangan bebas.

Zahaby Gholy menjadi eksekutor dan mencoba mengarahkan tembakan tepat ke gawang Vietnam. Sialnya bagi Indonesia, tembakan Gholy masih melambung.

Vietnam punya peluang pada menit ke-43. Tendangan jauh Nguyen Thai Hoa masih melenceng ke gawang.

Indonesia memecah kebuntuan pada menit ke-45. Gholy menerima umpan maju dan mampu menjentikkan bola dengan akurat untuk membawa Indonesia unggul 1-0.

Keunggulan Indonesia bertambah pada masa tambahan waktu babak pertama. Dafa Zaidan mencetak gol dengan tendangan yang kuat. Skor ini bertahan hingga paruh waktu.

Sebelumnya, Indonesia dan Vietnam bertemu dua kali pada perebutan tempat ketiga Piala AFF U-16. Hasilnya, Indonesia selalu menang dan Vietnam menang satu kali.

Meluruskan

Vietnam: Xoa Hua Tin; Nguyen Manh Cuong, Nguyen Hong Quang, Le Tan Dung, Pham Duy Long, Tran Dong Thuc; Nguyen Thai Hoa, Chu Ngoc Nguyen, Bui Duy Dang; Tran Thanh Binh, Nguyen Thai Hieu

Indonesia: Dafa Al Gasemi; Dafa Zaidan, Ida Bagus Putu Cahya, I Putu Panji Apriawan, Andi Iman Jamaludin, Fabio Azkairawan; Lucas Lee, Tristan Raissa, Zahaby Gholy; Josh Holong, Fandi Ahmad

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours