Jabar dorong koperasi produktif menjadi motor penggerak perekonomian

Estimated read time 2 min read

Bandung (ANTARA) – Asosiasi Koperasi dan Profesi Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendorong berkembangnya usaha koperasi melalui produksi produk yang bisa menjadi usaha dari atas hingga bawah, sehingga bisa menjadi kekuatan ekonomi yang besar.

“Kami mendorong keberadaan koperasi yang memproduksi atau menghasilkan produk,” kata Ketua Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat Rachmat Taufik Garsadi dalam keterangannya di Bandung, Rabu.

Bahkan, pada tahun 2024, Rachmat mengatakan pihaknya juga akan mendorong koperasi untuk memiliki fasilitas produksi sendiri, sehingga bisa dimanfaatkan di wilayahnya.

“Seperti menanam rumput di daerah dekat laut atau menyediakan padang rumput bagi mereka yang memberi makan makanan mentah,” ujarnya.

Hal ini menggembirakan, kata Rachmat, karena jumlah koperasi di Jabar tidak berkurang, artinya pada Juni 2024 berjumlah 16.430, bertambah 355 dari angka Desember 2023 sebanyak 16.075.

Namun meski jumlahnya besar dan terus bertambah, kata dia, koperasi tidak bisa menjadi basis perekonomian yang mempunyai peran penting. Oleh karena itu, pada tahun 2024, pihaknya telah menyusun sejumlah strategi penguatan koperasi di Jabar selain penguatan rantai pasok.

Pertama, meningkatkan profesionalitas lembaga koperasi melalui peningkatan keterampilan dan kehandalan pengelolaan, termasuk penerapan sistem digital dalam pengelolaan koperasi.

Kemudian, pengembangan koperasi melalui simpan pinjam juga akan lebih kuat dan berkembang dibandingkan jenis koperasi lainnya, seperti investasi kecil sebesar Rp 1 miliar.

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan permodalan adalah dengan bermitra dengan perbankan dan pemangku kepentingan lainnya yang menyediakan uang untuk mendapatkan permodalan.

Selain itu, untuk memudahkan akses permodalan, koperasi juga didorong untuk mengajukan persyaratan lain yang sering menjadi pertimbangan dalam persetujuan permodalan.

“Kami dorong menjadi bank dulu, sehingga nanti lebih mudah mendapatkan permodalan,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours