PB PON ingin binaraga tak hanya kompetisi tapi ajang silaturahmi

Estimated read time 2 min read

Medan (ANTARA) – Panitia Umum Pekan Olahraga Nasional (PB PON) ke-21 Aceh-Sumut menginginkan agar olahraga binaraga tidak hanya menjadi ajang kompetisi musik yang indah, namun juga dijadikan ajang silaturahmi antar daerah.

“Jalin tali silaturahmi dengan anak negeri, ada keluarga dari Sabang de Merauke. Kalau kemana-mana pasti punya teman,” kata Ketua Panitia Harian PB PON XXI/2024 Baharuddin Siagian pada pembukaan cabang binaraga di Medan, Selasa.

Pertandingan binaraga kompetitif resmi dimulai hari ini. Sebanyak 74 atlet dari berbagai provinsi akan memperebutkan 11 medali.

Pada hari pertama akan diberikan tiga medali emas pada kategori Atletik – Lebih dari 170 cm – 100 cm + 2 kilogram berat badan, Olahraga Jasmani – Dan 175 cm – 100 cm + 6 kilogram berat badan dan Kebugaran Putra. . – Tinggi badan s/d 170 cm – 100 cm – 2 kilogram.

Baharuddin mengatakan, PON XXI Aceh-Sumut merupakan bagian dari persiapan Sea Games dan Asian Games. Sehingga ia meminta seluruh pemain menunjukkan performa terbaiknya.

Yang penting tetap bermain, semua orang ingin menang, karena ini (secara fisik) seperti Piala Dunia, ujarnya.

Ia juga berpesan kepada hakim yang bertugas untuk melakukan penilaian dan membuktikan kemampuannya dalam mengeluarkan penilaian.

Semula, Ketua Umum PP PBFI Irwan Alwi menegaskan pertandingan Binaraga PON Aceh-Sumut 2024 yang digelar pada 10-11 September harusnya tanpa isu doping.

Upaya penurunan kasus doping telah kami lakukan dengan melakukan koordinasi yang kuat dengan Badan Anti Doping Indonesia (IADO), ujarnya.

Menurutnya, ADEL merupakan ilmu tentang anti doping, namun bukan jaminan mengikuti sertifikasi para atlet akan terbebas dari doping.

Namun yang terbaik, kata Irwan, sertifikasi ADEL memberikan kesempatan bagi para atlet untuk menambah pengetahuan tentang doping karena banyak kasus doping di banyak PON terjadi karena ketidaktahuan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours